Kompas.com - 06/08/2021, 12:12 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Sistem pengereman dengan teknologi Anti-lock Braking System (ABS) sudah umum ditemukan di berbagai model sepeda motor keluaran terbaru.

ABS merupakan teknologi pada sistem pengereman yang mencegah roda kendaraan terkunci saat si pengendara melakukan pengereman secara mendadak.

Hal ini lah yang membedakannya dengan teknologi rem versi lama yang otomatis mengunci roda saat mengerem tiba-tiba.

Berkat teknologi ABS, risiko sepeda motor mengalami roda selip saat mengerem mendadak bisa berkurang. Laju dan keseimbangan sepeda motor juga tetap bisa terkendali.

Baca juga: Aramco VR46 Siap Meluncur, Rossi Bakal Diguyur Rp 2,5 Triliun

Lalu bagaimana cara merawat teknologi ABS ini agar tetap awet? Apakah sistem ini memiliki usia pakai yang bisa diperhitungkan?

Review harian Yamaha All New Aerox S Connected ABSKompas.com / Setyo Adi Review harian Yamaha All New Aerox S Connected ABS

Saat dihubungi Kompas.com belum lama ini, Dwi Suwanto, Instruktur Service PT Surya Timur Sakti Jatim Yamaha area Surabaya mengatakan bahwa teknologi ABS tidak bisa diperkirakan batas usia pakainya.

Dwi menjelaskan, sistem ABS merupakan penggabungan sistem elektronik dan sistem mekanik dalam menjalankan kerja pengereman. Maka dari itu terpasang sensor khusus yang tidak akan ditemukan di sistem rem konvensional.

Baca juga: Pindad MV2 4x4 Dijual Umum, Berapa Harga dan Siapa Targetnya ?

"Untuk sistem elektroniknya tidak ada perawatannya. Usia pakainya juga tidak bisa diprediksi. Yang bisa dirawat adalah sistem mekaniknya," ungkapnya.

Ia menyebutkan bahwa standar perawatan sistem mekanik pada rem ABS adalah dengan cara penggantian minyak rem secara berkala. Disarankan untuk mengganti minyak rem tiap 2 tahun sekali.

Ilustrasi mengganti minyak rem sendirilouis-moto.co.uk Ilustrasi mengganti minyak rem sendiri

Lantas meskipun komponen elektroniknya tidak ada tindakan perawatan secara khusus, pastikan kondisinya tidak mengalami kebasahan.

Baca juga: Biaya dan Prosedur Lengkap Perpanjang STNK 5 Tahunan

Pada dasarnya komponen elektronik ini didesain kedap air. Meski begitu, tetap berhati-hati menjauhkannya dari air. Sebab jika basah, berisiko besar mengalami kerusakan dan tidak bisa menerima informasi dari sensor.

Dwi pun menambahkan, umumnya bengkel resmi milik produsen sepeda motor terkait akan memberikan garansi untuk sistem rem ABS pada produk mereka guna menjamin kinerjanya tetap optimal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.