Produsen Motor Listrik Masih Tunda Konsep Swap Baterai

Kompas.com - 06/08/2021, 09:22 WIB
United T1800 KOMPAS.com/GilangUnited T1800

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu hal yang paling disorot dalam percepatan tren kendaraan listrik termasuk sepeda motor listrik ialah soal kemampuan pengisian daya baterai.

Alasan itu, kemudian muncul konsep pengembangan sistem swap baterai alias tukar pakai seperti galon air. Diharapkan dengan sistem ini pemakai motor listrik dapat dengan mudah mengisi daya.

Namun, selama ekosistem swap baterai belum masif para produsen lebih memilih cara lain. Salah satunya memaksimalkan daya jangkau dengan membekali dua baterai sekaligus.

Baca juga: Lihat Bodi Bus Listrik Buatan Karoseri Laksana, E-Citilyne

Seperti yang dilakukan oleh United E-Motor. Produsen sepeda gowes yang kini terjun ke motor listrik dengan United T1800 itu memilih melengkapi produk yang dijual dengan dua baterai.

United T1800Foto: United United T1800

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Awan Setiawan Manager United E-Motor, mengatakan, pihaknya meluncurkan dua varian baru United T1800 CM dan T1800 TM yang sudah dibekali dua baterai agar jarak tempuh lebih jauh.

"Kalau kita, mungkin kalau orang mintanya yang swap, kalau kita belum memikirkan itu, kita pikirkan range yang utama makanya memakai dua baterai," kata Awan kepada Kompas.com, akhir pekan lalu.

Alasannya kata Awan, investasi untuk mewujudkan sistem swap baterai terlalu besar jika dikerjakan sendiri.

"Investasinya cukup besar, satu harus investasi baterai, kedua infrastrukturnya juga ada investasinya, tempatnya, boksnya. Kemudian yang ketiga sistemnya," kata Awan.

Baca juga: Baru Meluncur, Mobil Listrik Bisa Ngecas Gratis di 2 SPKLU Ini

United T1800Foto: KOMPAS.com/Gilang United T1800

Meski demikian bukan berarti United E-Motor tidak memikirkan sistem swap. Ke depan katanya, mekanisme swap baterai sangat mungkin jika kondisi lebih baik.

"Banyak investasinya dengan kondisi ekosistem yang kita lagi bangun ini pasti ke depan ada kita bangun charging station, tapi saat ini kita lebih memaksimalkan baterai yang ada," katanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.