Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cukup Mudah, Begini Tips Merawat Komponen ABS pada Sepeda Motor

SURABAYA, KOMPAS.com - Sistem pengereman dengan teknologi Anti-lock Braking System (ABS) sudah umum ditemukan di berbagai model sepeda motor keluaran terbaru.

ABS merupakan teknologi pada sistem pengereman yang mencegah roda kendaraan terkunci saat si pengendara melakukan pengereman secara mendadak.

Hal ini lah yang membedakannya dengan teknologi rem versi lama yang otomatis mengunci roda saat mengerem tiba-tiba.

Berkat teknologi ABS, risiko sepeda motor mengalami roda selip saat mengerem mendadak bisa berkurang. Laju dan keseimbangan sepeda motor juga tetap bisa terkendali.

Lalu bagaimana cara merawat teknologi ABS ini agar tetap awet? Apakah sistem ini memiliki usia pakai yang bisa diperhitungkan?

Saat dihubungi Kompas.com belum lama ini, Dwi Suwanto, Instruktur Service PT Surya Timur Sakti Jatim Yamaha area Surabaya mengatakan bahwa teknologi ABS tidak bisa diperkirakan batas usia pakainya.

Dwi menjelaskan, sistem ABS merupakan penggabungan sistem elektronik dan sistem mekanik dalam menjalankan kerja pengereman. Maka dari itu terpasang sensor khusus yang tidak akan ditemukan di sistem rem konvensional.

"Untuk sistem elektroniknya tidak ada perawatannya. Usia pakainya juga tidak bisa diprediksi. Yang bisa dirawat adalah sistem mekaniknya," ungkapnya.

Ia menyebutkan bahwa standar perawatan sistem mekanik pada rem ABS adalah dengan cara penggantian minyak rem secara berkala. Disarankan untuk mengganti minyak rem tiap 2 tahun sekali.

Lantas meskipun komponen elektroniknya tidak ada tindakan perawatan secara khusus, pastikan kondisinya tidak mengalami kebasahan.

Pada dasarnya komponen elektronik ini didesain kedap air. Meski begitu, tetap berhati-hati menjauhkannya dari air. Sebab jika basah, berisiko besar mengalami kerusakan dan tidak bisa menerima informasi dari sensor.

Dwi pun menambahkan, umumnya bengkel resmi milik produsen sepeda motor terkait akan memberikan garansi untuk sistem rem ABS pada produk mereka guna menjamin kinerjanya tetap optimal.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/06/121200815/cukup-mudah-begini-tips-merawat-komponen-abs-pada-sepeda-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke