Punya Usaha, Begini Cara Menjaga Performa Truk Diesel

Kompas.com - 05/08/2021, 12:02 WIB
PT Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation (AI-ISO/Astra Isuzu) yang mendukung PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) dengan peluang bisnis penyewaan mobil, terutama di sektor transportasi logistik yang semakin cerah seiring dengan gencarnya pembangunan infrastruktur. PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) - PT Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation (AI-ISO/Astra Isuzu)PT Astra International Tbk-Isuzu Sales Operation (AI-ISO/Astra Isuzu) yang mendukung PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA) dengan peluang bisnis penyewaan mobil, terutama di sektor transportasi logistik yang semakin cerah seiring dengan gencarnya pembangunan infrastruktur.

JAKARTA, KOMPAS.comTruk dengan mesin diesel masih diandalkan sebagai kendaraan niaga sampai saat ini. Mesinnya yang relatif tangguh dan irit membuat truk diesel diandalkan sebagai kendaraan produksi sebuah perusahaan.

Namun, sebagai kendaraan niaga, tentu perawatan dari truk tidak bisa disepelekan. Mengingat truk bisa digunakan setiap hari, jika mengalami kerusakan satu hari saja maka pendapatan perusahaan bisa berkurang.

Lalu, bagaimana cara merawat truk bermesin diesel agar tetap prima untuk menjalankan usaha?

Baca juga: Cek Harga Skutik Bongsor Nmax dan PCX 160 Agustus 2021

Layanan purna jual Isuzu di tempat customerDOK. IAMI Layanan purna jual Isuzu di tempat customer

Benny Dwyanto, Technical Product Support Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), memberikan beberapa tips bagaimana merawat truk bermesin diesel, mulai dari penggantian filter, oli, hingga pilihan bahan bakar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Pertama untuk filter seperti filter solar, filter udara, dan filter oli harus dirawat dan diganti rutin. Begitu juga dengan oli, baik mesin, transmisi, dan gardan, sesuaikan dengan standar yang berlaku,” kata Benny kepada Kompas.com, Rabu (4/8/2021).

Baca juga: PO KYM Trans Buka Rute Baru Jabodetabek-Surabaya, Tiket Rp 200.000-an

Selain itu, teknologi truk saat ini juga sudah berkembang dengan adanya common rail. Bedanya dengan truk diesel konvensional, common rail sudah diatur secara elektronis untuk sistem pembakarannya, mulai dari suplai udara hingga bahan bakar.

“Untuk perawatan truk diesel common rail sebenarnya sama saja dengan yang konvensional. Hal yang harus diperhatikan dari truk common rail adalah jenis bahan bakar yang digunakan harus lebih baik kualitasnya,” ucap Benny.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.