Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Punya Usaha, Begini Cara Menjaga Performa Truk Diesel

JAKARTA, KOMPAS.com – Truk dengan mesin diesel masih diandalkan sebagai kendaraan niaga sampai saat ini. Mesinnya yang relatif tangguh dan irit membuat truk diesel diandalkan sebagai kendaraan produksi sebuah perusahaan.

Namun, sebagai kendaraan niaga, tentu perawatan dari truk tidak bisa disepelekan. Mengingat truk bisa digunakan setiap hari, jika mengalami kerusakan satu hari saja maka pendapatan perusahaan bisa berkurang.

Lalu, bagaimana cara merawat truk bermesin diesel agar tetap prima untuk menjalankan usaha?

Benny Dwyanto, Technical Product Support Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI), memberikan beberapa tips bagaimana merawat truk bermesin diesel, mulai dari penggantian filter, oli, hingga pilihan bahan bakar.

“Pertama untuk filter seperti filter solar, filter udara, dan filter oli harus dirawat dan diganti rutin. Begitu juga dengan oli, baik mesin, transmisi, dan gardan, sesuaikan dengan standar yang berlaku,” kata Benny kepada Kompas.com, Rabu (4/8/2021).

Selain itu, teknologi truk saat ini juga sudah berkembang dengan adanya common rail. Bedanya dengan truk diesel konvensional, common rail sudah diatur secara elektronis untuk sistem pembakarannya, mulai dari suplai udara hingga bahan bakar.

“Untuk perawatan truk diesel common rail sebenarnya sama saja dengan yang konvensional. Hal yang harus diperhatikan dari truk common rail adalah jenis bahan bakar yang digunakan harus lebih baik kualitasnya,” ucap Benny.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/08/05/120200615/punya-usaha-begini-cara-menjaga-performa-truk-diesel

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke