Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki GSX-R600 K8, Moge Suzuki Paling Laris tapi Langka

Kompas.com - 04/08/2021, 18:21 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk saat ini, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tidak memiliki line up motor gede (moge). Sempat memasarkan beberapa model, tapi sudah berhenti.

Selain dipasarkan di Indonesia secara resmi oleh APM, beberapa moge Suzuki juga masuk melalui importir umum (IU). Tentunya, jumlahnya tidak banyak.

Hendra, dari diler moge bekas RnJ Motosport Kemang, mengatakan, big bike yang paling banyak berkeliaran di Indonesia untuk motor Jepang dari Yamaha, Kawasaki, dan Honda. Tapi, mayoritas tetap Kawasaki.

Baca juga: Penggolongan SIM C Berlaku Bulan Ini, Bagaimana Nasib Pemilik Moge

"Sedangkan GSX-R600, unitnya tidak banyak di Indonesia. Kalau yang sportbike, GSX paling laris itu yang K8, itu pembuatannya tahun 2008. Pasarannya saat ini ada di kisaran Rp 190 jutaan," ujar Hendra, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Suzuki GSX-R600 K8 2008Dok. Motorcycle.com Suzuki GSX-R600 K8 2008

Hendra menambahkan, untuk GSX-R600, harganya suka tidak menentu. Dia mengaku, di pasaran pernah melihat ada yang menjual di angka Rp 230 jutaan.

"Tapi, barangnya istimewa, bagus banget. Kalau misalkan dijual dengan kondisi speedometer sudah banyak, itu biasanya di bawah Rp 200 jutaan. Banyaknya di kisaran Rp 180 jutaan hingga Rp 190 jutaan," kata Hendra.

Baca juga: Ada Dispensasi Pengguna Moge untuk Pakai SIM CI Selama 2022

Menurut Hendra, Suzuki peminatnya tidak begitu banyak. Maka itu, unitnya di Indonesia juga tidak banyak.

Di beberapa situs jual beli online, harga yang ditawarkan juga beragam, ada yang Rp 207 juta dan Rp 220 juta. Keduanya dijual dengan kondisi full paper alias surat-surat lengkap.

Suzuki GSX-R600 K8 2008Dok. Motorcycle.com Suzuki GSX-R600 K8 2008

GSX-R600 sendiri masuk ke Indonesia hanya melalui IU. Sebab, moge yang dipasarkan oleh PT SIS saat itu hanya V-Strom 650, GSR 750, dan GSX1300R Hayabusa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com