Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Motor adalah Kesempatan Mengabadikan Momen Luar Biasa

Kompas.com - 03/08/2021, 19:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Berkendara menggunakan sepeda motor merupakan aftivitas luar ruangan yang mengasyikkan. Apalagi jika melewati tempat yang banyak pemandangan alam.

Jika motor sudah keren dan tempatnya mendukung sayang jika momen tersebut tidak diabadikan lewat foto atau video. Karena itu meningkatkan kemampuan fotografi bakal sangat terpakai.

Baca juga: Toyota Mulai Mengembangkan Mesin Diesel Hybrid

Gala Indiga, seorang fotografer mengatakan, berkendara naik motor selalu merupakan kesempatan untuk mengabadikan momen-momen menakjubkan.

Naik motor merupakan kesempatan untuk mengabadikan momen luar biasa.Foto: Grady Kayzel/Royal Enfield Indonesia Naik motor merupakan kesempatan untuk mengabadikan momen luar biasa.

"Ada dua tujuan fotografi yang perlu diketahui. Tujuan pertama adalah mengenai si subjek dan tujuan kedua adalah bercerita," katanya dalam rilis Royal Enfield, Selasa (3/8/2021).

Grady Kayzel fotografer profesional yang sering riding dengan Motorbaik dan mengabadikan banyak public figur mengatakan banyak menemukan hal menarik saat bermotor.

"Selama sebagai fotografer saya ke daerah-daerah yang jarang terekspos, saya menemukan banyak cerita dan juga alam Indonesia yang luar biasa untuk diabadikan dengan foto,” katanya.

Baca juga: Kenali Tanda Mesin Motor Mengalami Overheat

Naik motor merupakan kesempatan untuk mengabadikan momen luar biasa.Foto: Grady Kayzel/Royal Enfield Indonesia Naik motor merupakan kesempatan untuk mengabadikan momen luar biasa.

“Pengalaman saya dengan Motorbaik, banyak pengalaman yang tak terlupakan. Sebagai fotografer Motorbaik, saya pernah naik motor ke NTT ketika untuk pertama kalinya saya menangis saat memotret anak kecil di sana," katanya.

Grady memberikan tips buat yang mau mencoba hal sama:

1. Referensi

Tips fotografi menurut Grady adalah membutuhkan riset dan referensi yang banyak, serta banyak menonton video tutorial fotografi.

Dengan banyak keterampilan yang digali, karakter setiap fotografer akan muncul dengan sendirinya. Itulah yang akan membedakan foto dari banyak fotografer di luar sana.

2. Kulik kamera

Untuk fotografi luar ruangan, kamu perlu mengulik kameramu untuk menemukan speed dan ISO yang tepat untuk setiap situasi.

Bahkan di malam hari dengan cahaya redup, jika terus bermain dengan speed dan ISO, kita dapat menghasilkan gambar yang bagus.

3. Kemauan

Tidak perlu menggunakan kamera yang mahal dan canggih, dengan kamera standar saja sudah cukup. Penting ada kemauan untuk terus mencari referensi, berbagi pengalaman dengan teman, belajar dan banyak bertanya yang akan menghasilkan karakter fotografi tersendiri yang tidak dimiliki orang lain.

4. Rawat kamera

Kemudian untuk perawatan kamera, jika kamu sering mengambil foto outdoor seperti riding, maka kamera harus sering diservis untuk membersihkannya dari debu selama perjalanan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com