Jangan Disepelekan, Ini Bahayanya Naik Motor Sambil Main HP

Kompas.com - 01/08/2021, 14:01 WIB
Pengendara motor sambil main hp INSTAGRAM/DASHCAM_OWNERS_INDONESIAPengendara motor sambil main hp

JAKARTA, KOMPAS.comMengendarai motor di jalan raya tentu membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Jika tidak, pengendara bisa kehilangan kendali bahkan mengalami kecelakaan.

Dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Pasal 283, dijelaskan setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor sambil melakukan kegiatan lain yang mengganggu konsentrasi, bisa dipidana paling lama tiga bulan dan denda paling banyak Rp 750.000.

Kegiatan yang bisa mengganggu konsentrasi adalah dengan bermain HP sambil berkendara. Namun di jalan raya, kejadian ini masih sering terlihat, mulai dari pengendara ojek online (ojol) dan lainnya.

Baca juga: Daftar Sedan Bekas dengan Harga Kurang dari Rp 50 Juta di Surabaya

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dash Cam Owners Indonesia (@dashcam_owners_indonesia)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebuah video yang diunggah akun Dashcam Owners Indonesia memperlihatkan pengendara motor yang hampir tertabrak mobil karena berkendara sambil main HP.

Kalau kejadiannya seperti ini, bermain HP tidak hanya merugikan diri sendiri, tapi juga orang lain.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, pengendara motor yang menggunakan HP sambil berkendara lebih karena faktor kebiasaan. Selain itu, mereka juga kurang kepeduliannya terhadap keselamatan.

“Sehingga, mereka merasa berkendara sambil menggunakan HP itu bukan sesuatu yang membahayakan. Padahal dampaknya bisa berakibat fatal, merugikan diri sendiri dan orang lain,” kata Agus kepada Kompas.com, Sabtu (31/7/2021).

Baca juga: 4 Mantan Pebalap MotoGP yang Gagal Bersinar di WorldSBK

Faktor lainnya adalah pengendara yang tidak paham soal aturan berlalu lintas yang melarang kegiatan apapun yang mengganggu konsentrasi saat berkendara. Bahkan banyak juga yang berkendara mengandalkan satu tangan karena satu tangan lainnya sedang menggenggam HP.

Dengan kejadian tadi, mengemudi di jalan Indonesia jadi harus ekstra waspada. Mengingat bahaya yang datang dari orang lain semakin banyak, karena menyepelekan berkendara sambil konsentrasi.

“Makanya sebagai pengendara, kita harus selalu waspada terhadap lingkungan berkendara kita. Ingat untuk selalu konsentrasi dalam setiap berkendara,” ucap Agus.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.