4 Mantan Pebalap MotoGP yang Gagal Bersinar di WorldSBK

Kompas.com - 31/07/2021, 12:22 WIB
Nomor 34, Randy de Puniet. motorcycleNomor 34, Randy de Puniet.

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pebalap MotoGP yang mencoba peruntungan untuk meneruskan karir balapnya di World Superbike (WorldSBK). Namun, tidak semuanya berhasil.

Ada beberapa pebalap yang terlihat kompetitif saat di MotoGP, tapi begitu pindah ke WorldSBK, namanya justru tenggelam. Berikut ini daftar para pebalap tersebut:

Baca juga: Sukses di WorldSBK, Jonathan Rea Tertarik Tawaran MotoGP

1. Randy de Puniet

Randy de Puniet dan tim Suzuki MotoGP sebelum melakukan start di GP Valencia 2014.Suzuki-Racing Randy de Puniet dan tim Suzuki MotoGP sebelum melakukan start di GP Valencia 2014.

Setelah delapan musim balapan di kelas MotoGP, de Puniet akhirnya pindah ke WorldSBK di musim 2015. Banyak yang memprediksi, kepindahannya ini akan menjadi kesempatan untuk mengasah kembali talentanya.

Namun, de Puniet yang saat itu fokus pada pengembangan Suzuki GSX-RR, akhirnya tidak mampu beradaptasi dengan GSX-R1000. Dari satu musim, prestasi terbaiknya hanya finis ketujuh.

Baca juga: 6 Kali Juara Dunia WorldSBK, Jonathan Rea Ternyata Baru Punya SIM

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Stefan Bradl

Stefan Bradl.Speedweek.com Stefan Bradl.

Sebelum sepenuhnya menjadi test rider untuk Honda Racing Corporation (HRC), Bradl juga sempat bersaing di WorldSBK pada 2017. Sayangnya, prestasi terbaiknya hanya finis di urutan keenam.

Meski demikian, Honda tetap menghargai masukan yang diberikan oleh pebalap asal Jerman ini. Bradl juga menjadi salah satu pebalap yang mengembangkan CBR1000RR-R.

Baca juga: Rumors Juara Dunia WorldSBK ke Petronas Yamaha

3. Makoto Tamada
Tamada mencoba peruntungannya di WorldSBK pada 2008 lalu. Sebelumnya, pebalap asal Jepang tersebut pernah meraih lima kemenangan di MotoGP. Namun, saat pindah ke tim Kawasaki di WorldSBK, ternyata ZX-10R kurang kompetitif pada masa itu.

Bahkan, Tamada hanya berhasil finis di urutan kesembilan pada musim 2008. Pada paruh kedua musim tersebut, dia sama sekali tidak mendapatkan poin. Di musim berikutnya, Tamada mengalami cedera hingga dia terpaksa untuk pensiun.

4. Karel Abraham

Pebalap Cardion AB, Karel Abraham, memacu motornya di Sirkuit Misano pada GP San Marino, Minggu (15/9/2013).CRASH.NET Pebalap Cardion AB, Karel Abraham, memacu motornya di Sirkuit Misano pada GP San Marino, Minggu (15/9/2013).

Dengan pengalaman di MotoGP selama lima musim, Karel pindah ke WorldSBK pada 2016 dan bergabung bersama tim BMW. Namun, prestasi terbaiknya hanya finis di urutan kesembilan.

Uniknya, Karel berhasil kembali lagi ke MotoGP dan menghabiskan tiga musim. Sebenarnya, kontraknya masih panjang, tapi diputus sepihak karena Ducati mengontrak Johann Zarco. Meski keputusan tersebut cukup kontroversial, tapi sepertinya jadi keputusan yang tepat melihat performa Zarco sekarang.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.