Efek Pandemi, Penyelenggara MotoGP Rugi 94 Juta Euro di Musim Lalu

Kompas.com - 01/08/2021, 09:21 WIB
Sirkuit Assen yang selalu digunakan untuk menggelar MotoGP Belanda Dok. ttcircuit.comSirkuit Assen yang selalu digunakan untuk menggelar MotoGP Belanda
|

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP 2020 akan dikenang sebagai musim paling sulit. Jumlah balapan hanya 14 seri karena sejumlah negara tidak bisa menggelar hajat efek pandemi Covid-19.

Tahun lalu, penyelenggara MotoGP, Dorna Sports dikabarkan rugi 94 juta euro. Selama 2020 Dorna "hanya" menghasilkan omzet 209 juta euro, turun 30 persen dari penyelengaraan tahun 2019.

Baca juga: Lelang 4 Unit Honda Accord, Harga Awal Mulai Rp 110 Jutaan

Mengutip Tuttomoriweb.it, dari total omzet tersebut pendapat paling besar berasal dari hal siar TV sebesar 137 juta euro. Meski demikian hasil itu sebetulnya turun 35 persen dari 2019.

(Ki-Ka) Director Dorna, Carlos Ezpeleta, legenda MotoGP, Michael Doohan, Ricky Baheramsjah selaku CEO MGPA Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer dalam acara Race to 2021 #TheMandalikaGP di Plaza Indonesia, Sabtu 23 November 2019.KOMPAS.com/ M. Hafidz Imaduddin (Ki-Ka) Director Dorna, Carlos Ezpeleta, legenda MotoGP, Michael Doohan, Ricky Baheramsjah selaku CEO MGPA Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer dalam acara Race to 2021 #TheMandalikaGP di Plaza Indonesia, Sabtu 23 November 2019.

Penjualan iklan juga turun 14 persen dengan omzet 42 juta. Adapun layanan televisi yang ditawarkan oleh Dorna sendiri sebesar turun 15 persen sebesar 28 juta euro.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di sisi lain, saat pendapatan turun pengeluaran makin besar. Sebab Dorna memberikan mendukung finansial buat tim-tim Moto2 dan Moto3 selama bulan-bulan pertama pandemi.

Terhitung Dorna memberikan bantuan selama tiga bulan yaitu April, Mei dan Juni sebesar 25.000 euro per bulan, atau total 1,5 juta euro per bulan untuk dua kelas tersebut.

Baca juga: Lelang 4 Unit Honda Accord, Harga Awal Mulai Rp 110 Jutaan

Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Jerman 2021. (Photo by Ronny HARTMANN / AFP)RONNY HARTMANN Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Jerman 2021. (Photo by Ronny HARTMANN / AFP)

Adapun untuk MotoGP, tim satelit menerima cek sebesar 250.000 euro per bulan pada kuartal pertama tanpa balapan, untuk menutupi biaya staf, penerbangan yang batal dan para sponsor.

Totalnya Dorna diperkirakan telah memberikan enam juta euro antara bulan April dan Juni untuk tim Moto3, Moto2 dan MotoGP guna memastikan paddock tidak setop beroperasi.

Untuk musim 2021 Dorna diprediksi tetap akan merugi meski tidak sebesar musim 2020. Artinya tetap lebih baik dari musim lalu tapi belum kembali seperti sebelum pandemi.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.