Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Baru Punya 3 Bengkel Konversi yang Bersertifikasi

Kompas.com - 31/07/2021, 12:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan kendaraan listrik turut dilirik juga oleh banyak bengkel umum. Salah satu trek yang ada, yaitu melakukan konversi kendaraan bermesin bensin menjadi kendaraan listrik.

Ada beberapa bengkel yang bisa melakukan konversi kendaraan listrik. Bahkan, beberapa universitas atau kampus pun juga dapat melakukannya.

Namun, untuk menjaga agar kualitas dan keamanan kendaraan tersebut terjaga, pemerintah akhirnya mengeluarkan aturan terkait konversi kendaraan listrik.

Baca juga: Pemerintah Kaji Konversi Sepeda Motor Listrik, Termasuk Biayanya

Aturannya sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 65 Tahun 2020 tentang Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Berbasis Baterai.

Konversi motor listrik dari skutik Honda BeAT oleh Katros GarageInstagram @katrosgarage Konversi motor listrik dari skutik Honda BeAT oleh Katros Garage

Direktur Prasarana Transportasi Jalan Direktorat Jenderal Kementerian Perhubungan Darat Mohammad Rizal Wasal, mengatakan, di Indonesia sudah ada bengkel umum yang memiliki sertifikat untuk menjadi bengkel konversi.

Perusahaan tersebut adalah PT Braja Elektrik Motor di Surabaya. Litbang ESDM di Bogor dan PT Spora Teknika Indonesia di Jakarta, masih dalam proses. Untuk Litbang ESDM, masih dalam tahap approval. Sedangkan Spora Teknika, masih kekurangan terkait alat.

Baca juga: Baran EV Siapkan Mobil Listrik Konversi Tesla Model S

"Mereka sudah memiliki sertifikat sebagai bengkel umum yang diizinkan untuk menjadi bengkel konversi," ujar Rizal, dalam webinar bertajuk "Safer Electric Vehicles", Jumat (30/7/2021).

Rizal menambahkan, saat ini masih banyak beberapa permohonan untuk menjadi bengkel konversi. Termasuk juga dari pihak universitas atau kampus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.