Indonesia Baru Punya 3 Bengkel Konversi yang Bersertifikasi

Kompas.com - 31/07/2021, 12:42 WIB
Pada tes kedua motor listrik BL-SEV01 di Sirkuit Sentul, 13 April 2021. Foto: Budi LuhurPada tes kedua motor listrik BL-SEV01 di Sirkuit Sentul, 13 April 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan kendaraan listrik turut dilirik juga oleh banyak bengkel umum. Salah satu trek yang ada, yaitu melakukan konversi kendaraan bermesin bensin menjadi kendaraan listrik.

Ada beberapa bengkel yang bisa melakukan konversi kendaraan listrik. Bahkan, beberapa universitas atau kampus pun juga dapat melakukannya.

Namun, untuk menjaga agar kualitas dan keamanan kendaraan tersebut terjaga, pemerintah akhirnya mengeluarkan aturan terkait konversi kendaraan listrik.

Baca juga: Pemerintah Kaji Konversi Sepeda Motor Listrik, Termasuk Biayanya

Aturannya sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 65 Tahun 2020 tentang Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Berbasis Baterai.

Konversi motor listrik dari skutik Honda BeAT oleh Katros GarageInstagram @katrosgarage Konversi motor listrik dari skutik Honda BeAT oleh Katros Garage

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur Prasarana Transportasi Jalan Direktorat Jenderal Kementerian Perhubungan Darat Mohammad Rizal Wasal, mengatakan, di Indonesia sudah ada bengkel umum yang memiliki sertifikat untuk menjadi bengkel konversi.

Perusahaan tersebut adalah PT Braja Elektrik Motor di Surabaya. Litbang ESDM di Bogor dan PT Spora Teknika Indonesia di Jakarta, masih dalam proses. Untuk Litbang ESDM, masih dalam tahap approval. Sedangkan Spora Teknika, masih kekurangan terkait alat.

Baca juga: Baran EV Siapkan Mobil Listrik Konversi Tesla Model S

"Mereka sudah memiliki sertifikat sebagai bengkel umum yang diizinkan untuk menjadi bengkel konversi," ujar Rizal, dalam webinar bertajuk "Safer Electric Vehicles", Jumat (30/7/2021).

Rizal menambahkan, saat ini masih banyak beberapa permohonan untuk menjadi bengkel konversi. Termasuk juga dari pihak universitas atau kampus.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.