Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Indonesia Baru Punya 3 Bengkel Konversi yang Bersertifikasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan kendaraan listrik turut dilirik juga oleh banyak bengkel umum. Salah satu trek yang ada, yaitu melakukan konversi kendaraan bermesin bensin menjadi kendaraan listrik.

Ada beberapa bengkel yang bisa melakukan konversi kendaraan listrik. Bahkan, beberapa universitas atau kampus pun juga dapat melakukannya.

Namun, untuk menjaga agar kualitas dan keamanan kendaraan tersebut terjaga, pemerintah akhirnya mengeluarkan aturan terkait konversi kendaraan listrik.

Aturannya sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 65 Tahun 2020 tentang Konversi Sepeda Motor dengan Penggerak Motor Bakar Menjadi Sepeda Motor Berbasis Baterai.

Direktur Prasarana Transportasi Jalan Direktorat Jenderal Kementerian Perhubungan Darat Mohammad Rizal Wasal, mengatakan, di Indonesia sudah ada bengkel umum yang memiliki sertifikat untuk menjadi bengkel konversi.

Perusahaan tersebut adalah PT Braja Elektrik Motor di Surabaya. Litbang ESDM di Bogor dan PT Spora Teknika Indonesia di Jakarta, masih dalam proses. Untuk Litbang ESDM, masih dalam tahap approval. Sedangkan Spora Teknika, masih kekurangan terkait alat.

"Mereka sudah memiliki sertifikat sebagai bengkel umum yang diizinkan untuk menjadi bengkel konversi," ujar Rizal, dalam webinar bertajuk "Safer Electric Vehicles", Jumat (30/7/2021).

Rizal menambahkan, saat ini masih banyak beberapa permohonan untuk menjadi bengkel konversi. Termasuk juga dari pihak universitas atau kampus.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/31/124200615/indonesia-baru-punya-3-bengkel-konversi-yang-bersertifikasi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke