Cek Kondisi Oli Mesin, Pastikan Mobil Menyala 3 Menit

Kompas.com - 31/07/2021, 10:02 WIB
Ilustrasi mengecek kondisi oli mesin mobil (Shutterstock/r.classen) Ilustrasi mengecek kondisi oli mesin mobil

JAKARTA, KOMPAS.com – Sepanjang masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), mobil selayaknya lebih sering berdiam di garasi. Tak ada salahnya untuk mengecek sendiri kondisi mobil sebelum menggunakannya kembali.

Salah satu komponen yang wajib diperiksa adalah oli. Ibarat darah dalam tubuh manusia, oli merupakan cairan penting yang menjaga pelumasan mesin.

Eko Sutrisno, Market Problem Action Ast. Manager PT Honda Prospect Motor, mengatakan, pemilik mobil bisa melakukan pengecekan oli sendiri tanpa harus ke bengkel.

Baca juga: Banyak Sopir Truk Sengaja Tabrak Orang yang Tiba-tiba Mencegat

Ilustrasi bengkel HondaDok. HPM Ilustrasi bengkel Honda

“Langkahnya bagaimana? Parkir kendaraan di posisi yang rata. Kemudian hidupkan mesin, lalu tekan pedal gas hingga putaran kurang lebih 3.000 rpm di posisi N,” ujar Eko, dalam tayangan virtual pada Jumat (30/7/2021).

“Kemudian biarkan kendaraan tersebut bekerja. Tunggu sampai 3 menit, lalu matikan mobil. Kenapa harus dinyalakan dulu? Biar oli tersebut bersirkulasi di dalam sistem,” kata dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Eko, setelah oli bersirkulasi di dalam mesin, kita bisa mengetahui kapasitas oli yang ada sebenarnya. Caranya dengan melepaskan dipstick yang ada di ruang mesin, sambil melihat level oli berada di mana.

Baca juga: Merasa Ditipu, Pria Ini Curhat Biaya Servis Mobilnya Tembus Jutaan Rupiah

Ilustrasi mengecek kondisi oli mesin motor (Shutterstock/kasarpstudio) Ilustrasi mengecek kondisi oli mesin motor

“Kalau memang posisinya di level low atau posisi paling bawah, customer harus waspada. Kekhawatirannya ada kebocoran oli di sana, kalau ada kebocoran makin lama kapasitasnya berkurang, bakal mempengaruhi kinerja mesin,” ucap eko.

“Dari sana kita juga bisa lihat warna olinya seperti apa. Apakah masih dalam kondisi bagus? Warna bagus itu agak kecoklatan. Tapi kalau warnanya sudah cenderung agak ke hitam atau warna gelap, nah itu ada indikasi oli tersebut harus diganti,” tuturnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.