Baran EV Siapkan Mobil Listrik Konversi Tesla Model S

Kompas.com - 08/05/2021, 08:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perkembangan mobil listrik di Indonesia tidak sepesat motor listrik. Belum banyak pabrikan otomotif yang meluncurkan mobil listrik.

Meski demikian, perusahaan baterai Baran Energy, yang jadi induk dari Baran EV, tetap melirik adanya peluang di segmen mobil listrik nasional. Salah satu pendekatannya adalah melalui konversi mobil listrik.

CEO Baran Energy Victor Wirawan, mengatakan, pihaknya sudah membuat mobil listrik hasil konversi dari mobil tua. Mobil tua yang digunakan adalah Toyota Crown coupe tahun 1971. Rencannya, mobil berkategori restomod (restorasi modifikasi) ini bakal tampil di ajang Indonesia Modification Expo (IMX) 2021.

Baca juga: Baran Energy Siapkan Paket Konversi Kendaraan Listrik

"Ini akan kita luncurkan di Oktober 2021. Ini adalah bagian dari Baran EV yang konversi, dari mesin bakar ke listrik. Jadi, ini adalah mobil kesenangan saya, karena saya juga suka mobil klasik," ujar Victor, saat konferensi virtual, beberapa waktu lalu.

Mobil listrik konversi Baran EVKompas.com/Donny Mobil listrik konversi Baran EV

Victor menambahkan, dia sengaja beli Tesla Model S, yang spesifikasinya paling tinggi. Lalu, dibongkar diaplikasikan ke mobilnya.

"Tujuannya, kalau R&D dengan cara konvensional, itu akan membutuhkan waktu yang lama dan investasinya sangat besar. Jadi, dengan cara ini R&D bisa lebih cepat dan menghemat biaya. Kita lakukan reverse engineering," kata Victor.

Baca juga: Selain Motor Listrik, Baran Energy juga Sudah Siapkan Mobil Listrik

Menurutnya, dengan cara ini, kita akhirnya tahu bagaimana cara coding Tesla bekerja terhadap motor tersebut. Bagaimana cara coding Tesla bekerja untuk inverter menggerakkan semua sistem kelistrikan di mobilnya.

"Itu kita membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 1 tahun untuk mempelajari coding Tesla tersebut untuk kita produksi sendiri," ujar Victor.

Mobil listrik konversi Baran EVKompas.com/Donny Mobil listrik konversi Baran EV

Platform baterai yang digunakan sama seperti pada Powerhome, produk Baran Energy untuk perumahan atau perkantoran.

Kabarnya, tenaga penggeraknya menggunakan satu motor elektrik dengan sistem penggerak semua roda. Tenaga yang dimiliki mencapai lebih dari 400 tk dan torsinya juga lebih dari 400 Nm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.