Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Jadi Kontributor Penjualan Terbesar Mitsubishi Secara Global

Kompas.com - 30/07/2021, 17:41 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), sukses menjadi penyumbang terbesar bagi penjualan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dalam skala global di kuartal pertama tahun fiskal 2021.

Secara total, Mitsubishi di Indonesia berkontribusi sebanyak 26.397 unit, atau 11,5 persen terhadap penjualan MMC secara global berdasarkan data sepanjang April-Juni 2021.

Dari jumlah tersebut, 49 persen didominasi penjualan Xpander dan Xpander Cross. Selanjutnya Pajero Sport 20 persen, L300 23 persen, dan sisaanya oleh beberapa model lain, seperti Eclipse Cross, Triton, dan Outlander PHEV.

Baca juga: Menunggu Kedatangan Truk Listrik Mitsubishi, Fuso eCanter

Presiden Direktur PT MMKSI Naoya Nakamura mengatakan, sangat berterima kasih kepada seluruh konsumen yang memilih menggunakan produk Mitsubishi. Ucapan senada juga ditujukan bagi pemerintah yang telah memberikan kebijakan insentif, sehingga mendukung daya beli masyarakat serta mendorong pertumbuhan industri otomotif.

Mitsubishi New Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2. Pembaruan SUV ini hadir dengan fitur-fitur canggihKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Mitsubishi New Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2. Pembaruan SUV ini hadir dengan fitur-fitur canggih

"Capaian positif ini jadi pemacu MMKSI untuk memberikan produk dan layanan terbaik kepada konsumen secara berkelanjutan pada keseluruhan proses kepemilikan kendaraan, sekaligus bukti komitmen MMC kepada Indonesia sebagai negara yang benar-benar penting dengan memastikan pasokan unit terserap oleh pasar bahkan dalam situasi disruptif seperti saat ini," ujar Nakamura dalam keterangan resminya, Jumat (30/7/2021).

Selain pada total penjualan global MMC, model Mitsubishi Motors yang dipasarkan di Indonesia juga berkontribusi positif bagi penjualan global berdasarkan model.

Xpander dan Xpander Cross yang mengisi segmen MPV murah di Indonesia, menempati posisi pertama dan berkontribusi sebesar 54 persen bagi penjualan global model tersebut.

Sementara untuk penjualan Pajero Sport, juga berhasil menempati posisi pertama dan berkontribusi sebesar 38 persen untuk penjualan global model tersebut.

Baca juga: Penjualan Mobil Bekas Selama PPKM Anjlok hingga 70 Persen

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition 2021KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition 2021

Nakamura mengatakan, berbagai capaian yang diraih Mitsubishi Motors diharapkan bisa memberikan kontribusi positif terhadap industri otomotif, pertumbuhan ekonomi, dan
kepentingan masyarakat Indonesia secara luas.

"Kami percaya sinergi positif antara pemerintah, pelaku industri dapat mendukung pemenuhan kebutuhan masyarakat tidak hanya melalui produk dan layanan, namun juga kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan," kata Nakamura.

Seperti diketahui, sejak 2017 dua model kendaraan penumpang Mitsubishi, yakni Xpander dan Pajero Sport telah diproduksi di Indonesia yang memberikan dampak kontribusi dalam sisi ekonomi nasional. Termasuk dalam hal penyerapan tenaga kerja dan bahan baku produksi, baik di fasilitas perakitan hingga supplier lokal.

Proses produksi Mitsubishi Xpander.Ghulam/KompasOtomotif Proses produksi Mitsubishi Xpander.

Bicara soal pelayanan, Mitsubisi juga terus mengembangkan jaringan diler kendaraan penumpang dan niaga meski di tengah pandemi Covid-19. Ditergetkan pada akhir tahun fiskal 2021, jaringannya akan mencapai 164 diler.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com