Indonesia Jadi Kontributor Penjualan Terbesar Mitsubishi Secara Global

Kompas.com - 30/07/2021, 17:41 WIB
Mitsubishi Xpander Rockford Fosgate Black Edition KOMPAS.COM/STANLY RAVELMitsubishi Xpander Rockford Fosgate Black Edition

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), sukses menjadi penyumbang terbesar bagi penjualan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) dalam skala global di kuartal pertama tahun fiskal 2021.

Secara total, Mitsubishi di Indonesia berkontribusi sebanyak 26.397 unit, atau 11,5 persen terhadap penjualan MMC secara global berdasarkan data sepanjang April-Juni 2021.

Dari jumlah tersebut, 49 persen didominasi penjualan Xpander dan Xpander Cross. Selanjutnya Pajero Sport 20 persen, L300 23 persen, dan sisaanya oleh beberapa model lain, seperti Eclipse Cross, Triton, dan Outlander PHEV.

Baca juga: Menunggu Kedatangan Truk Listrik Mitsubishi, Fuso eCanter

Presiden Direktur PT MMKSI Naoya Nakamura mengatakan, sangat berterima kasih kepada seluruh konsumen yang memilih menggunakan produk Mitsubishi. Ucapan senada juga ditujukan bagi pemerintah yang telah memberikan kebijakan insentif, sehingga mendukung daya beli masyarakat serta mendorong pertumbuhan industri otomotif.

Mitsubishi New Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2. Pembaruan SUV ini hadir dengan fitur-fitur canggihKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Mitsubishi New Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2. Pembaruan SUV ini hadir dengan fitur-fitur canggih

"Capaian positif ini jadi pemacu MMKSI untuk memberikan produk dan layanan terbaik kepada konsumen secara berkelanjutan pada keseluruhan proses kepemilikan kendaraan, sekaligus bukti komitmen MMC kepada Indonesia sebagai negara yang benar-benar penting dengan memastikan pasokan unit terserap oleh pasar bahkan dalam situasi disruptif seperti saat ini," ujar Nakamura dalam keterangan resminya, Jumat (30/7/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain pada total penjualan global MMC, model Mitsubishi Motors yang dipasarkan di Indonesia juga berkontribusi positif bagi penjualan global berdasarkan model.

Xpander dan Xpander Cross yang mengisi segmen MPV murah di Indonesia, menempati posisi pertama dan berkontribusi sebesar 54 persen bagi penjualan global model tersebut.

Sementara untuk penjualan Pajero Sport, juga berhasil menempati posisi pertama dan berkontribusi sebesar 38 persen untuk penjualan global model tersebut.

Baca juga: Penjualan Mobil Bekas Selama PPKM Anjlok hingga 70 Persen

Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition 2021KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Mitsubishi Xpander Cross Rockford Fosgate Black Edition 2021

Nakamura mengatakan, berbagai capaian yang diraih Mitsubishi Motors diharapkan bisa memberikan kontribusi positif terhadap industri otomotif, pertumbuhan ekonomi, dan
kepentingan masyarakat Indonesia secara luas.

"Kami percaya sinergi positif antara pemerintah, pelaku industri dapat mendukung pemenuhan kebutuhan masyarakat tidak hanya melalui produk dan layanan, namun juga kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan," kata Nakamura.

Seperti diketahui, sejak 2017 dua model kendaraan penumpang Mitsubishi, yakni Xpander dan Pajero Sport telah diproduksi di Indonesia yang memberikan dampak kontribusi dalam sisi ekonomi nasional. Termasuk dalam hal penyerapan tenaga kerja dan bahan baku produksi, baik di fasilitas perakitan hingga supplier lokal.

Proses produksi Mitsubishi Xpander.Ghulam/KompasOtomotif Proses produksi Mitsubishi Xpander.

Bicara soal pelayanan, Mitsubisi juga terus mengembangkan jaringan diler kendaraan penumpang dan niaga meski di tengah pandemi Covid-19. Ditergetkan pada akhir tahun fiskal 2021, jaringannya akan mencapai 164 diler.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.