Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2021, 16:51 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kondisi pengguna jalan raya di Indonesia bisa dibilang sangat beragam. Misalnya ada yang sabar dan mengalah, namun tidak sedikit yang baperan atau tidak mau mengalah, cenderung ingin ribut atau konflik.

Sering sekali terlihat di jalanan yang macet, mobil seperti angkot sampai kendaraan pribadi ada saja yang menyerobot. Lalu, ada juga yang tidak mau mengalah atau memberi jalan.

Yang paling berbahaya adalah orang yang tidak bisa mengontrol emosinya. Orang seperti ini sebaiknya dihindari karena bisa berujung ribut atau adu fisik di tengah jalanan.

Baca juga: Honda Astrea Grand Lowrider Pesanan Kasetpres Jokowi

mengemudi marahKompas.com/Fathan Radityasani mengemudi marah

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, di Indonesia, membangun mental berkendara yang aman dan selamat sangat sulit dilakukan. Kebanyakan orang berpikir untuk jadi yang paling cepat, bukan selamat.

“Membangun kesadaran dan kesiapan mental dalam berkendara sangat sulit dilakukan. Butuh proses dan komitmen untuk berubah,” ucap Sony kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Daftar Mobil Bekas di Semarang yang Dijual di Bawah Rp 50 Juta

Pengguna jalan raya harus memiliki sifat kebersamaan, berbagi, mengalah, dan sopan. Jangan berpikiran ingin cepat saja, ingat di jalan raya banyak pengguna jalan lainnya, jangan egois ingin didahulukan.

“Masyarakat harus paham atas penggunaan jalan umum, yaitu digunakan hanya untuk mengemudi dan menghilangkan risiko incident sampai accident,” kata Sony.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com