Menunggu Kedatangan Truk Listrik Mitsubishi, Fuso eCanter

Kompas.com - 27/07/2021, 09:22 WIB

PEKANBARU, KOMPAS.comMitsubishi merupakan salah satu pabrikan otomotif yang memiliki kendaraan niaga berbasis listrik. Truk listrik tersebut bertajuk Fuso eCanter dan pernah dipamerkan di gelaraan Giicomvec 2020.

Namun sampai saat ini, Fuso eCanter masih belum dijual di Indonesia dan baru diperkenalkan di pasar Australia dan New Zealand. Lalu kapan truk dengan baterai listrik ini akan dijual di Indonesia?

Naoya ‘Rocky’ Takai, Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Belian Motors (KTB) mengatakan, sebenarnya KTB ingin memperkenalkan eCanter secepat mungkin di pasar Indonesia.

Baca juga: Pilih Mana, Honda Vario 125 atau Yamaha Freego

Kendaraan niaga ramah lingkungan truk elektrik Mitsubishi Fuso eCanterKOMPAS.com/Nana Triana Kendaraan niaga ramah lingkungan truk elektrik Mitsubishi Fuso eCanter

“eCanter merupakan produk truk yang banyak dibicarakan dan ditunggu. Namun dari hasil diskusi, kami masih belum bisa memutuskan kapan kita memperkenalkan eCanter,” ucap Rocky dalam acara peluncuran diler Fuso di Pekanbaru, Senin (26/7/2021).

Rocky mengatakan, sudah sering berdiskusi soal menghadirkan truk listrik di Indonesia. Namun ada beberapa kendala yang ada di Indonesia, mulai dari infrastruktur pengecasan truk hingga harga produknya yang mahal.

Baca juga: Simak Simulasi Kredit Daihatsu Rocky 1.2L, Cicilan Rp 4 Jutaan

“Pertama infrastruktur pengecasan menjadi kendala yang harus kami hadapi. Kemudian kami juga sadar bahwa sayangnya truk listrik masih sangat mahal,” ucap Rocky.

Oleh karena itu, Rocky berharap agar bisa berkolaborasi dengan pemerintahan Indonesia untuk mempromosikan kendaraan niaga berbasis listrik. Sehingga tentu bisa berkontribusi mengurangi gas emisi di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.