Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/07/2021, 16:26 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan motor bebek atau motor sport, pada skuter matik (skutik) dibekali dengan v-belt. Komponen ini berfungsi untuk meneruskan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sama seperti rantai pada motor sport atau motor bebek, v-belt pun juga memiliki usia pakai. Agar usia pakainya dapat bertahan lama, maka perlu dilakukan perawatan.

Technical Service Division AHM Endro Sutarno, mengatakan, v-belt merupakan komponen yang sangat penting bagi skutik sebagai penggerak roda.

Baca juga: Bersihkan V-Belt Skutik, Jangan Pakai Air atau Oli

"Kinerja mesin yang optimal tidak akan terasa bagi pengendara apabila v-belt berada dalam kondisi yang tidak prima," ujar Endro, dalam keterangan resminya.

V-Belt motor matikFoto: Honda DAM V-Belt motor matik

Berikut ini tiga hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan v-belt:

1. Rutin Cek V-belt

Untuk skutik Honda, v-belt harus dicek berkala pada penggunaan 8.000 Km. Secara teori, umur pakai komponen ini dapat menyentuh 24.000 Km dan setelah itu harus dilakukan penggantian.

Namun, hal tersebut bergantung terhadap gaya berkendara dari setiap pengendara. Kondisi ruang CVT yang kotor pun juga dapat memperpendek usia dari v-belt.

V-Belt motor matikFoto: Honda Cengkareng V-Belt motor matik

2. Hati-hati Dalam Menggunakan Aksesori Balap

Meskipun aksesori balap dapat membuat tampilan skutik semakin bergaya, tapi komponen yang tidak standar dapat beresiko merusak komponen lain.

Untuk keamanan dan kenyamanan dalam berkendara, maka sebaiknya lebih hati-hati dalam memilih aksesoris untuk sepeda motor. Sehingga, secara kualitas pun tetap terjaga.

3. Penggunaan Skutik Secara Normal

Saat posisi skutik sedang langsam atau idle, sebaiknya pengendara tidak memainkan tuas gas. Pada skutik, ketika tuas gas dimainkan, maka v-belt akan mengencang dan menggerakkan roda belakang.

Baca juga: Kebiasaan Pengendara Skutik yang Bikin CVT dan V-Belt Cepat Rusak

Maka itu, penggunaan fitur Idling Stop System (ISS) sangat disarankan dalam kondisi ini. Sebab, selain ramah lingkungan juga dapat memperpanjang umur v-belt skutik.

v-belt sepeda motor skutikIstimewa v-belt sepeda motor skutik

Endro mengatakan, v-belt merupakan komponen yang tidak dapat dilihat langsung kondisinya oleh pengendara karena berada di dalam CVT. Namun, perannya sangat penting dalam menunjang performa skutik.

"Pengecekan secara berkala di AHASS sesuai dengan buku panduan servis sangat kami sarankan agar kondisi v-belt tetap prima dan ditangani oleh teknisi yang tepat,” ujar Endro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com