3 Langkah Jaga Kondisi V-Belt Skutik Tetap Awet

Kompas.com - 30/07/2021, 16:26 WIB
V-belt pada skutik penting untuk diperhatikan kondisinya dan dirawat secara rutin Dok. AHMV-belt pada skutik penting untuk diperhatikan kondisinya dan dirawat secara rutin

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbeda dengan motor bebek atau motor sport, pada skuter matik (skutik) dibekali dengan v-belt. Komponen ini berfungsi untuk meneruskan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Sama seperti rantai pada motor sport atau motor bebek, v-belt pun juga memiliki usia pakai. Agar usia pakainya dapat bertahan lama, maka perlu dilakukan perawatan.

Technical Service Division AHM Endro Sutarno, mengatakan, v-belt merupakan komponen yang sangat penting bagi skutik sebagai penggerak roda.

Baca juga: Bersihkan V-Belt Skutik, Jangan Pakai Air atau Oli

"Kinerja mesin yang optimal tidak akan terasa bagi pengendara apabila v-belt berada dalam kondisi yang tidak prima," ujar Endro, dalam keterangan resminya.

V-Belt motor matikFoto: Honda DAM V-Belt motor matik

Berikut ini tiga hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan v-belt:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Rutin Cek V-belt

Untuk skutik Honda, v-belt harus dicek berkala pada penggunaan 8.000 Km. Secara teori, umur pakai komponen ini dapat menyentuh 24.000 Km dan setelah itu harus dilakukan penggantian.

Namun, hal tersebut bergantung terhadap gaya berkendara dari setiap pengendara. Kondisi ruang CVT yang kotor pun juga dapat memperpendek usia dari v-belt.

V-Belt motor matikFoto: Honda Cengkareng V-Belt motor matik

2. Hati-hati Dalam Menggunakan Aksesori Balap

Meskipun aksesori balap dapat membuat tampilan skutik semakin bergaya, tapi komponen yang tidak standar dapat beresiko merusak komponen lain.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.