Honda Astrea Grand Lowrider Pesanan Kasetpres Jokowi

Kompas.com - 30/07/2021, 08:22 WIB
Astrea Grand lowrider Foto: Enggal ModifiedAstrea Grand lowrider


JAKARTA, KOMPAS.com - Bukan cuma Presiden Joko Widodo yang kepincut motor custom, beberapa pejabat negara juga diketahui suka dengan motor hasil modifikasi.

Salah satunya ialah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, yang membeli Yamaha Scorpio kustom bergaya scrambler garapan bengkel Icus Custom di Semarang, Jawa Tengah.

Baca juga: Suzuki Thunder 250 Ini Jadi Wakil Indonesia di AS

Astrea Grand lowriderFoto: Enggal Modified Astrea Grand lowrider

Kini Heru Budi Hartono, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) yang diketahui suka motor custom. Heru memesan motor bergaya lowrider ke Enggal Modified di Banyuwangi, Jawa Timur.

"Sebetulnya motor ini pesanan yang kedua, yang pertama malah belum kelar. Motor pertamanya itu Yamaha Vega," kata Enggal Purna Prahara sang builder kepada Kompas.com, Kamis (29/7/2021).

Enggal mengatakan proses tukar pikiran untuk menentukan desain tidak berlangsung lama. Heru minta dibuatkan motor bergaya lowrider, dan kemudian dipilih basis mesin Honda Astrea Grand.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Astrea Grand lowriderFoto: Enggal Modified Astrea Grand lowrider

"Semua lewat telepon, desain dari saya. Orangnya yang penting minta dibuatkan yang aneh dan unik," kata Enggal.

Baca juga: Bikin Komponen Sepeda Motor Bebas Karat, Cuma Pakai Baking Soda

Desain awal kata Enggal terinspirasi dari sepeda lowrider. Untuk itu agar mendapat proporsi yang diinginkan hampir semua komponen dibuat sendiri, mulai dari suspensi, sasis hingga setang.

Astrea Grand LowriderFoto: Enggal Modified Astrea Grand Lowrider

"Semua parts kita bikin sendiri. Untuk sasis kita pakai material pipa seamless ukurannya 1,5 inci depan, terus frame bagian bawah itu setengah inci sampai ke lengan ayun," katanya.

Agar kesan klasiknya lebih kental suspensi depan pakai model springer. Bagian pernya dibuat dari suspensi belakang Honda Supra. Adapun bagian belakang rigid alias tanpa sokbreker.

"Tadinya minta depan belakang rigid, tapi saya bilang kalau rigid bakal keras sekali bawanya walaupun jarang dipakai, depannya lebih asik kalau pakai springer saja," kata Enggal.

Astrea Grand LowriderFoto: Enggal Modified Astrea Grand Lowrider

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.