Estimasi Biaya Restorasi Motor Bebek Bekas Mulai Rp 4 Jutaan

Kompas.com - 28/07/2021, 11:02 WIB
Suzuki Satria Hiu yang memiliki warna langka istimewaSuzuki Satria Hiu yang memiliki warna langka

SOLO, KOMPAS.com - Restorasi merupakan upaya untuk mengembalikan kondisi kendaraan bermotor yang sudah berumur menjadi seperti unit baru.

Restorasi dilakukan sebab sepeda motor tua dengan usia 15 tahun ke atas rata-rata kondisinya sudah tidak optimal untuk dipakai harian. Selain itu bodinya pun sudah tidak mulus lagi.

Biaya jadi aspek utama yang paling diperhatikan saat akan memulai restorasi sebuah sepeda motor. Sebab dalam kasus tertentu, restorasi bakal menghabiskan dana yang tidak sedikit demi hasil optimal.

Baca juga: Hitung Gaji Pebalap F1 dan MotoGP, Mana yang Lebih Besar?

Marwan dari showroom motor tua Marwan Motor di bilangan Sukoharjo mengatakan, bahwa dalam merestorasi sepeda motor tidak bisa langsung mematok angka pasti biayanya.

Yamaha 125z hasil restorasi Tian NKistimewa Yamaha 125z hasil restorasi Tian NK

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas ia mencoba mengambil contoh kalkulasi kasar untuk merestorasi unit Suzuki Satria Hiu. Ia turut mengingatkan bahwa angka yang akan dijabarkan bukanlah angka pasti dan bisa berubah sewaktu-waktu karena berbagai kondisi.

"Tergantung dapat unit yang kondisi mesinnya bagaimana. Kalau dapat yang mesinnya jelek sejelek-jeleknya, saya keluar biaya paling tidak sekitar Rp 4 jutaan," ungkap Marwan kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Mobil Zaman Sekarang Banyak Menggunakan Per Keong

Untuk perhitungan lebih rinci, pada aspek mesin umumnya menghabiskan dana sekitar Rp 1 juta sampai Rp 2 jutaan. Tentu ini tergantung dari tingkat kerusakan mesin dan ketersediaan sparepart di pasaran.

Selanjutnya untuk pengecatan ulang bodi, Marwan menyebutkan kisaran biaya yang dikeluarkan sekitar Rp 600.000 hingga Rp 1,5 juta tergantung kualitas cat yang dipilih.

Restorasi Bebek RetroKOMPAS.com/Gilang Restorasi Bebek Retro

"Ada tingkatan kualitasnya. Kalau ingin yang kualitas catnya bagus ya sekitar Rp 1 juta, naik tingkat kualitas ya bisa sampai Rp 1,5 juta. Kalau biaya terbatas ingin yang murah ya bisa Rp 600.000. Semakin mahal semakin bagus kualitas cat dan tingkat keawetannya," kata Marwan lebih lanjut.

Baca juga: Pengendara Nmax Masuk Tol, Sukses Kelabui Polisi

Estimasi angka di atas tidak bisa dijadikan patokan untuk merestorasi semua jenis sepeda motor. Biaya dapat melonjak tinggi hingga lebih dari Rp 20 juta jika sparepart yang dibutuhkan terbilang langka.

Selain itu, biaya restorasi yang tinggi bisa juga dikarenakan sepeda motor tersebut merupakan unit yang diimpor atau completely build up (CBU). Tentu saja onderdil yang dibutuhkan harus diimpor juga jika menginginkan yang asli.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.