Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Vespa VBB Restorasi di Solo Tembus Rp 50 Juta

Kompas.com - 15/04/2021, 08:12 WIB
Arif Nugrahadi,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Vespa merupakan salah satu merek yang populer di Indonesia. Tidak hanya model baru yang tampil modern, Vespa klasik juga masih memiliki banyak penggemar, salah satunya, yakni VBB.

Vespa VBB diproduksi pada1960 sampai dengan 1965, didukung dengan mesin kapasitas 150 cc dan mengalami penyempurnaan di bagian karburator dan transmisi dari generasi sebelumnya.

Generasi sebelumnya, yakni Vespa VBA menggunakan sistem transmisi manual tiga percepatan, namun pada VBB perubahan dilakukan dengan mengusung transmisi manual empat percepatan.

Baca juga: Bandel Lawan Arah Saat Macet, Fortuner Dipaksa Jalan Mundur

Di Indonesia sendiri menemukan Vespa VBB dengan kondisi yang masih orisinil sudah tidak mudah lagi, jika ada harganya juga semakin tinggi.

Kebanyakan Vespa VBB yang masih ada di Indonesia sudah hasil cat ulang dan restorasi.

Vesap VBB di Shoerom Marwan Motor Solo, Jawa Tengah Vesap VBB di Shoerom Marwan Motor Solo, Jawa Tengah

Salah satu pemilik Vespa VBB, Marwan, yang juga merupakan pemilik showroom motor antik di Solo, Jawa Tengah mengatakan, untuk mencari Vespa VBB yang masih orisinil memang sudah sulit.

Walaupun ada harga yang ditawarkan juga akan mahal, kebanyakan yang masih orisinil sudah dipegang oleh kolektor.

Baca juga: Ini Nama Aplikasi untuk Perpanjangan SIM Secara Online

"Saya punya Vespa VBB tahun 1962 warna biru tapi sudah kondisi restorasi, sudah cat ulang juga jadi bukan warna cat bawaannya. Itu disini saya jual Rp 50 juta," Kata Marwan kepada Kompas.com, Selasa (13/4/2021).

Sedangkan jika konsumen mencari yang masih orisinil, Marwan mengatakan harga Vespa VBB yang masih utuh dan orisinil bisa dijual dengan harga sampai ratusan juta rupiah. Ada juga yang merawat Vespa VBB dengan kondisi New Old Stock (NOS).

Vespa VBB 1962Arif Nugrahadi Vespa VBB 1962

Dilihat dari situs jual beli motor bekas online, Vespa VBB ditawarkan dengan beberapa varian harga. Mulai Rp 10 juta hingga ada yang menjual sampai dengan Rp 60 jutaan. Banderol yang ditawarkan berdasarkan kondisi dan kelengkapan dokumen kendaraan.

Baca juga: Polisi Jamin Tidak ada Kendaraan yang Lolos Mudik Lebaran 2021

Vespa VBB restorasi dalam keadaan yang bagus dan memiliki kelengkapan dokumen kendaraan dijual dengan kisaran harga Rp 20 juta sampai dengan Rp 60 juta. Sedangkan untuk Vespa VBB dengan kondisi seadanya bisa diperoleh dengan harga paling murah Rp 10 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com