Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/07/2021, 15:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di Indonesia, sport utility vehicle (SUV) dan multi purpose vehicle (MPV) menjadi model kendaraan bermotor roda empat dengan penggemar cukup besar karena fungsionalitas-nya.

Terlebih, mobil jenis terkait punya dimensi cukup besar untuk dijadikan kendaraan keluarga yang mampu mengangkut 7-penumpang dan bisa dibawa ke berbagai medan jalan.

Namun tahukah Anda perbedaan antara kedua segmen tersebut? Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000 mengatakan bila sedikitnya terdapat 3 perbedaan utama.

Baca juga: Usulan untuk Menyelesaikan Masalah Sosial Angkutan Ilegal

Toyota Kijang Innova 50th Toyota AnniversaryKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Toyota Kijang Innova 50th Toyota Anniversary

"Pertama perbedaannya terdapat pada tujuan penggunaan kendaraan itu sendiri. SUV itu ditunjukkan untuk bisa melewati berbagai medan, dari bergelombang sampai semi off-road," katanya, Sabtu (24/7/2021).

Sementara MPV, tambah Imansyah, lebih difokuskan sebagai mobil pengangkut penumpang. Itu sebabnya, MPV lebih mengedepankan kenyamanan dan keamanan.

Tidak berhenti sampai di situ, MPV juga biasanya dilengkapi bagasi yang cukup luas, bahkan sistem joknya bisa dilipat secara praktis sehingga membuat kabin mendapatkan ruang tambahan.

Perbedaan kedua ialah ground clearance, di mana SUV memiliki ruang lebih tinggi daripada MPV. Hal tersebut bertujuan supaya mobil tidak terganggu saat melintasi jalanan bergelombang.

"Biasanya itu di atas 200 mm," kata Imansyah.

"Perbedaan terakhir ialah pada profil ban. Karena SUV itu ditunjukkan untuk melintasi medan yang berat, tak heran jika mobil ini menggunakan pelek dan ban dengan profil besar," ujarnya.

Baca juga: Begini Etika Penggunaan Klakson dan Lampu Jauh di Jalan Raya

Mitsubishi New Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2. Pembaruan SUV ini hadir dengan fitur-fitur canggih Mitsubishi New Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2. Pembaruan SUV ini hadir dengan fitur-fitur canggih

Biasanya, SUV menggunakan pelek minimal 15 inci dengan profil ban yang tebal dan gemuk. Selain itu, profil ban yang digunakan mobil SUV juga memiliki kontur dan alur yang lebih ‘kotak-kotak’.

Hal tersebut bertujuan agar mobil tidak mudah tergelincir saat melewati medan yang sulit, seperti jalan berpasir atau berlumpur.

Adapun pada sisi MPV, seiring perkembangan zaman, kini banyak Agen Pemegang Merek atau APM yang membuat mobil keluarga jagoannya menggunakan pelek berukuran 15 inci agar terlihat lebih keren dan gagah.

"Namun, Anda masih bisa membedakannya lewat profil ban yang digunakan. MPV biasanya menggunakan ban berukuran standar atau lebih tipis meski menggunakan pelek yang besar," kata Imansyah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com