Ini Perbedaan Utama antara SUV dan MPV

Kompas.com - 24/07/2021, 15:02 WIB
Pengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPengunjung melihat mobil-mobil yang dipamerkan pada pembukaan IIMS Hybrid 2021 di JiExpo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (15/4/2021). Pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021 yang berlangsung pada 15-25 April itu digelar secara daring (online) dan kunjungan langsung dengan pembatasan kapasitas dan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di Indonesia, sport utility vehicle (SUV) dan multi purpose vehicle (MPV) menjadi model kendaraan bermotor roda empat dengan penggemar cukup besar karena fungsionalitas-nya.

Terlebih, mobil jenis terkait punya dimensi cukup besar untuk dijadikan kendaraan keluarga yang mampu mengangkut 7-penumpang dan bisa dibawa ke berbagai medan jalan.

Namun tahukah Anda perbedaan antara kedua segmen tersebut? Nur Imansyah Tara, Aftersales Division Head Auto2000 mengatakan bila sedikitnya terdapat 3 perbedaan utama.

Baca juga: Usulan untuk Menyelesaikan Masalah Sosial Angkutan Ilegal

Toyota Kijang Innova 50th Toyota AnniversaryKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Toyota Kijang Innova 50th Toyota Anniversary

"Pertama perbedaannya terdapat pada tujuan penggunaan kendaraan itu sendiri. SUV itu ditunjukkan untuk bisa melewati berbagai medan, dari bergelombang sampai semi off-road," katanya, Sabtu (24/7/2021).

Sementara MPV, tambah Imansyah, lebih difokuskan sebagai mobil pengangkut penumpang. Itu sebabnya, MPV lebih mengedepankan kenyamanan dan keamanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak berhenti sampai di situ, MPV juga biasanya dilengkapi bagasi yang cukup luas, bahkan sistem joknya bisa dilipat secara praktis sehingga membuat kabin mendapatkan ruang tambahan.

Perbedaan kedua ialah ground clearance, di mana SUV memiliki ruang lebih tinggi daripada MPV. Hal tersebut bertujuan supaya mobil tidak terganggu saat melintasi jalanan bergelombang.

"Biasanya itu di atas 200 mm," kata Imansyah.

"Perbedaan terakhir ialah pada profil ban. Karena SUV itu ditunjukkan untuk melintasi medan yang berat, tak heran jika mobil ini menggunakan pelek dan ban dengan profil besar," ujarnya.

Baca juga: Begini Etika Penggunaan Klakson dan Lampu Jauh di Jalan Raya

Mitsubishi New Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2. Pembaruan SUV ini hadir dengan fitur-fitur canggih Mitsubishi New Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2. Pembaruan SUV ini hadir dengan fitur-fitur canggih

Biasanya, SUV menggunakan pelek minimal 15 inci dengan profil ban yang tebal dan gemuk. Selain itu, profil ban yang digunakan mobil SUV juga memiliki kontur dan alur yang lebih ‘kotak-kotak’.

Hal tersebut bertujuan agar mobil tidak mudah tergelincir saat melewati medan yang sulit, seperti jalan berpasir atau berlumpur.

Adapun pada sisi MPV, seiring perkembangan zaman, kini banyak Agen Pemegang Merek atau APM yang membuat mobil keluarga jagoannya menggunakan pelek berukuran 15 inci agar terlihat lebih keren dan gagah.

"Namun, Anda masih bisa membedakannya lewat profil ban yang digunakan. MPV biasanya menggunakan ban berukuran standar atau lebih tipis meski menggunakan pelek yang besar," kata Imansyah.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.