Kompas.com - 21/07/2021, 09:42 WIB
Motor balap KTM RC 8C, dibuat terbatas hanya 100 unit Dok. KTMMotor balap KTM RC 8C, dibuat terbatas hanya 100 unit

JAKARTA, KOMPAS.com - KTM resmi meluncurkan motor sport terbarunya yang khusus untuk digunakan di trek, yakni RC 8C. Motor balap ini dibuat terbatas hanya 100 unit.

Berbekal pengalamannya di dunia balap, khususnya Moto2, KTM menghadirkan RC 8C. Namun, sebenarnya motor ini hanyalah rebadge dari motor balap Kramer GP2 890R, yang dibalut fairing KTM.

Baca juga: Pedrosa Resmi Balapan Lagi Bela KTM pada MotoGP Styria

Bodinya sangat terinspirasi dari MotoGP, terlihat dari penggunaan winglet pada bagian depan fairing. Selain itu, terdapat pula chin scoop yang disematkan di bawah swingarm, tepat di depan ban belakang.

Motor balap KTM RC 8C, dibuat terbatas hanya 100 unitDok. KTM Motor balap KTM RC 8C, dibuat terbatas hanya 100 unit

Dikutip dari Asphaltandrubber.com, Rabu (21/7/2021), desain intake dibuat berbeda dari yang dimiliki Kramer. Selain itu, perbedaan lainnya juga terlihat pada desain airbox.

Tangki bahan bakar sama seperti motor balap MotoGP, posisinya ada di bawah jok. Tapi, tutup tangkinya juga diletakkan di belakang. Kapasitasnya mencapai 15,9 liter.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Superlangka, Ini Skuter Pertama KTM

Motor ini dibekali mesin LC8c alias Liquid Cooled 8-valve compact. Kapasitas mesin 890 cc dengan tenaga yang dihasilkan dapat mencapai 128 tk.

Motor balap KTM RC 8C, dibuat terbatas hanya 100 unitDok. KTM Motor balap KTM RC 8C, dibuat terbatas hanya 100 unit

Mesinnya dipadukan dengan knalpot Akrapovic. Sedangkan rangkanya, tetap mengandalkan model trellis dengan material baja 25CrMo4, yang dikelir oranye, warna khas KTM.

Suspensinya juga tetap mengandalkan WP Suspension dengan bagian depan menggunakan tipe WP APEX PRO 7543 berdiameter 43 mm. Sedangkan belakang, menggunakan tipe WP APEX PRO 7746. Tentunya, suspensi ini dapat disetel sepenuhnya dengan pengaturan kompresi high-speed dan low-speed.

Motor balap KTM RC 8C, dibuat terbatas hanya 100 unitDok. KTM Motor balap KTM RC 8C, dibuat terbatas hanya 100 unit

Untuk sistem pengereman, dipercayakan pada Brembo. Rem depan menggunakan double disc brake dengan kaliper Brembo Stylema dan cakram berdiameter 290 mm. Sementara master rem, menggunakan Brembo 19RCS CORSA CORTA. Peleknya dari Dymag dan dibalut ban Pirelli.

Panel instrumen dengan layar TFT berukuran 5 inci ini dari AIM MXS 1.2 RACE. Dasbornya juga pastinya berfungsi sebagai full data-logger.

Baca juga: Pilih Mana, Honda Beat atau Genio?

Motor balap KTM RC 8C, dibuat terbatas hanya 100 unitDok. KTM Motor balap KTM RC 8C, dibuat terbatas hanya 100 unit

Hanya ada 100 unit yang diproduksi secara manual dan banderolnya sendiri mencapai 38.999 dolar Amerika atau sekitar Rp 567 jutaan. KTM RC 8C bisa dipesan mulai 22 Juli 2021 di situs resmi KTM.

Uniknya, KTM juga menawarkan pada 25 pembeli pertama untuk bergabung dengan tim tes KTM saat sesi tes privat di Jerez. Selain itu, akan dapat pelatihan juga dari Dani Pedrosa dan Mika Kallio, para test rider KTM.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X