Mengenal Microbus, Berukuran Lebih Kecil dari Medium Bus

Kompas.com - 20/07/2021, 09:22 WIB
Micro bus dari Adi Putro Kompas.com/Fathan RadityasaniMicro bus dari Adi Putro

JAKARTA, KOMPAS.comBus merupakan salah satu moda transportasi di Indonesia yang masih diminati sampai sekarang. Selain bus yang berukuran besar, ada juga bus dengan ukuran lebih kecil, atau biasa juga disebut dengan microbus.

Berdasarkan PP Nomor 55 Tahun 2012 Pasal 5 Ayat 3, microbus ini termasuk dalam kategori bus kecil. Regulasinya memiliki berat diantara 3,5 ton sampai 5 ton, lebar kurang dari 2,1 meter dan panjang maksimal tidak sampai 6 meter.

Development Design karoseri New Armada Deddy Hermawan mengatakan, hadirnya microbus ini muncul mengikuti kebutuhan transportasi di daerah dengan jalanan yang kecil, tidak muat bus.

Baca juga: Arti Kode Lampu Sein yang Digunakan Bus Malam di Trans-Jawa

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by New Armada (@newarmada.official)

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Untuk microbus, biasanya memakai sasis engkel empat roda. Nantinya bodi microbus ini bisa diisi sampai 19 bangku,” ucap Deddy kepada Kompas.com Senin (19/7/2021).

Microbus ini sebenarnya hampir mirip dengan produk yang sudah ada di pasar, seperti Suuki Elf atau Toyota HiAce, cuma punya kapasitas lebih banyak. Selain itu, kabin microbus biasanya lebih tinggi dari minibus, sehingga penumpang bisa berdiri.

Baca juga: Jokowi Bilang Jalan Masih Ramai, Ini Tanggapan Korlantas Polri

“Microbus juga dibuat lebih kuat karena memakai rangka full plat baik bagian inner dan outer. Sedangkan model minibus tidak memakai rangka full plat ini,” kata Deddy.

Untuk karoseri yang membuat microbus ini diantaranya New Armada dengan bodi Coasterina, Adiputro dengan model jetbus3 Jumbo dan Piala Mas Rexus. Sasis yang digunakan kebanyakan dari Hino atau Isuzu empat roda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.