Kompas.com - 20/07/2021, 12:01 WIB
KTM Mirabell, skuter pertama KTM Dok. Rideapart.comKTM Mirabell, skuter pertama KTM

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang yang mengenal KTM dengan motor trail atau motor sport. Namun, pabrikan asal Austria ini juga pernah membuat skuter.

Pada 1955, KTM sudah memproduksi motor Tourist dan Grand Tourist, yakni R 100. Saat itu, konsumen semakin tertarik dengan skuter untuk berkendara harian.

Baca juga: KTM Siapkan Motor Sport Baru dengan Mesin Moto2, Hanya 100 Unit

Dikutip dari Rideapart.com, Selasa (20/7/2021), KTM akhirnya memproduksi skuter pertamanya pada 1955, yakni Mirabell. Nama tersebut diambil dari Mirabell Palace di Salzburg.

KTM Mirabell, skuter pertama KTMDok. Rideapart.com KTM Mirabell, skuter pertama KTM

KTM Mirabell dibekali dengan mesin silinder tunggal dengan kapasitas 125 cc dan berpendingin udara.

Tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut hanya 6 tk. Mesinnya tidak dibuat sendiri, tetapi mengandalkan mesin buatan Sachs di bawah lisenssi Rotax.

Tidak seperti motor zaman sekarang yang bodinya didominasi plastik. Mirabell menggunakan bodi dari baja, sama seperti Vespa dan Lambretta. KTM juga menyematkan teknologi Dynastarter, di mana motor starter dengan alternator menjadi satu.

Baca juga: Pedrosa Tertarik Balapan Pakai Jatah Wild Card KTM

Skuter ini memiliki transmisi 3-percepatan. Namun, tidak seperti Vespa, di mana tuas persneling ada di setang sebelah kiri. Pada Mirabell, tuas transmisi dioperasikan oleh kaki.

KTM Mirabell, skuter pertama KTMDok. Rideapart.com KTM Mirabell, skuter pertama KTM

Suspensi depan dan belakang mengandalkan model swingarm. Kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 8 liter.

KTM Mirabell, skuter pertama KTMDok. Rideapart.com KTM Mirabell, skuter pertama KTM

Uniknya, tutup tangki ada di area setang, tepatnya di atas batok lampu. Sehingga, penggunanya tidak perlu repot-repot membuka jok saat akan mengisi bahan bakar.

KTM Mirabell, skuter pertama KTMDok. Rideapart.com KTM Mirabell, skuter pertama KTM

Sayangnya, tidak diketahui berapa jumlah KTM Mirabell yang sudah diproduksi dan berapa unit yang masih bertahan. Namun, salah satunya dapat dilihat pada KTM Motohall Museum di Mattighofen, Austria.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.