Kompas.com - 12/07/2021, 08:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelek replika merupakan alternatif buat pemilik mobil yang mengejar tampilan dengan harga terjangkau. Sebab harga pelek replika biasanya lebih murah dari orisinal.

Pengguna pelek replika pun cukup banyak, dan memang tidak ada yang melarang untuk menggunakannya. Hanya saja namanya barang imitasi pasti kualitasnya tidak sebaik yang asli.

Baca juga: Cara Menikung Aman Agar Tidak Keluar Jalur

HSR Wheel RAI-S2KOMPAS.com/Aprida Mega Nanda HSR Wheel RAI-S2

 

Direktur Marketing HSR Wheel, Hendra Wijaya, keselamatan tetap harus diprioritaskan. Jangan ganti pelek sembarangan hanya karena harga. Tampilan mobil keren tapi mengenyampingkan keamanan.

“Pelek itu salah satu komponen yang menunjang keamanan dan keselamatan penumpang di dalam mobil. Makanya proses pembuatan pelek tidak bisa dilakukan sembarangan, semuanya harus diperhitungkan secara matang,” ucap Hendra dalam rilis resmi, Minggu (11/7/2021).

Hendra mengatakan, dari sisi kualitas, demi menekan biaya, pelek replika cenderung kompromi pada kualitas bahan, metode produksi, quality control, dan pengerjaanya kurang rapi.

Baca juga: PPnBM 0 Persen, Ini Harga Terbaru Avanza di Jawa Tengah

HSR Wheel Anambas untuk City Car dan LCGCFoto: Istimewa HSR Wheel Anambas untuk City Car dan LCGC

"Ada baiknya hindari penggunaan pelek replika yang berisiko. Walaupun aman di kantong, namun belum tentu aman buat diajak nyelonong. Apalagi buat daily use, tetap berhati-hati,” kata Hendra.

Hendra mengatakan, pada dasarnya, penggunaan pelek TW atau replika tidak ada yang melarang. Namun menjaga keamanan pada saat berkendara adalah kewajiban setiap pengguna jalan.

"Jadi, kalau ada yang orisinal dan berkualitas dengan standar SNI, JWL, VIA seperti HSR Original, akan lebih baik menggunakan orisinal bukan?," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.