Cara Menikung Aman Agar Tidak Keluar Jalur

Kompas.com - 11/07/2021, 16:41 WIB
(ilustrasi) Menikung harus percaya diri disertai dengan skill mumpuni. motorcycle USA(ilustrasi) Menikung harus percaya diri disertai dengan skill mumpuni.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada saat berkendara, kita harus siap mengantisipasi berbagai hal yang akan terjadi di jalan raya. Tentu saja dibutuhkan konsentrasi penuh dan kewaspadaan tinggi ketika mengendarai sepeda motor.

Salah satu yang wajib diwaspadai adalah ketika pengendara akan menikung, apalagi dengan kecepatan tinggi atau jalan yang licin. Jika salah, tentu saja akan mengakibatkan pengendara motor keluar jalur atau bahkan tergelincir di tikungan.

Baca juga: Begini Cara Mudah Rawat Radiator Mobil

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, pada saat menikung, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.

Yamaha Mio Z semakin stabil saat dipakai menikung dengan kecepatan tinggi.Istimewa Yamaha Mio Z semakin stabil saat dipakai menikung dengan kecepatan tinggi.

"Pada saat mengetahui akan ada tikungan, yang pertama dilakukan adalah mengurangi kecepatan kendaraan bermotor untuk antisipasi. Seandainya kecepatan tidak berkurang, maka posisi kendaraan harus semakin miring saat melewati tikungan," kata Agus kepada Kompas.com belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Jangan Coba-coba Menyiram Rem yang Sedang Panas, Akibatnya Fatal

Pada saat akan memasuki tikungan, pegendara akan dihadapkan dengan pilihan untuk mengambil jalur menikung luar atau jalur dalam. Hal ini perlu dipertimbangkan agar nantinya motor tidak keluar jalan saat menikung.

"Pada saat memasuki tikungan, usahakan ambil jalur menikung di bagian dalam, jangan yang luar. Karena kalau misal kendaraaan terlalu tegak dan posisinya di bagian luar jalan, maka yang terjadi pengendara akan keluar jalur," ucap Agus.

rumus menikung salah satunya dengan memposisikan kendaraan Outside-Inside-Outside.Marcell Kurniawan rumus menikung salah satunya dengan memposisikan kendaraan Outside-Inside-Outside.

Bagi pengendara yang menggunakan motor sport atau motor dengan kopling, disarankan untuk langsung menggunakan rem depan dan belakang secara bersamaan. Setelah motor di tikungan, baru tarik kopling untuk pindah gigi dan kemudian gas lagi.

Saat kondisi menikung, usahakan juga posisi kemiringan badan sesuai dengan kemiringan motor. Jika motor miring ke kiri, usahakan badan mengikuti untuk miring ke kiri, begitu juga sebaliknya.

Baca juga: Daftar Harga BBM Pertamina dan Shell per Juli 2021

Hal ini berfungsi untuk menjaga keseimbangan sepeda motor pada saat menikung. Pada saat menikung pastikan juga situasi di sekeliling untuk memastikan kondisi aman.

Pastikan juga pada saat di tikungan, jangan terlalu dekat dengan pengguna jalan lain. Akan ada kemungkinan terjadi senggolan apabila jarak dengan pengendara lain terlalu mepet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.