Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Motor Edisi Spesial Aprilia RS250

Kompas.com - 11/07/2021, 18:51 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber rideapart


JAKARTA, KOMPAS.com - Pabrikan motor dan pebalap punya hubungan yang cukup serius. Tak sedikit pabrikan yang membuatkan edisi khusus untuk memperingati seorang pebalap.

Seperti Aprilia RS250 produksi tahun 1995. Motor ini hanya dibuat 500 unit untuk seluruh dunia, dan merupakan edisi spesial karena motor replika yang digunakan di ajang GP250.

Baca juga: Ribuan Karyawan Pabrik Honda di Karawang Dapat Vaksin

Aprilia RS250 dibuat sebagai penghargaan untuk karir balap Loris Reggiani. Pebalap motor asal Italia yang terkenal di tahun 80'an dan 90'an.

Aprilia RS250Foto: livingwithgravity.com/Josh Bryan Aprilia RS250

Tampilannya dapat dibilang sporty tapi juga elegan. Motor dilabur warna merah, ungu dan silver yang berpadu manis. Lengkap dengan lampu depan dan spion. 

Sasis Aprilia RS250 sudah pakai rangka campuran aluminium dan magnesium. Konstruksinya dibuat agar mesin jadi komponen yang bisa meningkatkan kekakuan sasis.

Sebagai replika motor balap legal jalan raya, Aprilia RS250 mengusung jantung 249cc, 2-tak, V-Twin 2-tak yang dihubungkan dengan transmisi manual enam percepatan.

Baca juga: Insentif PPnBM Diperpanjang, Ini Harga Luxio di Yogyakarta

Aprilia RS250 Foto: livingwithgravity.com/Josh Bryan Aprilia RS250

Motor dapat menghasilkan 72,5 tk dan torsi 29,5 ft-lbs. Di zamannya tenaga tersebut hampir dua kali lipat dari motor 4-tak dengan kubikasi sama.

Saat ini Aprilia RS250 merupakan salah satu motor yang incaran kolektor. 

Harganya pun cukup mahal, belum lama ini Aprilia RS250 kondisi terawat masuk dalam daftar lelang dan buka harga mulai dari 11.260 dollar atau setara Rp 163 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber rideapart
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com