Lalu Lintas di Jalan Tol Turun 70 Persen Saat PPKM Darurat

Kompas.com - 11/07/2021, 19:11 WIB
Titik penyekatan jalan tol Jasa Marga Group Jasa Marga Titik penyekatan jalan tol Jasa Marga Group
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat di wilayah Jawa dan Bali, yang digelar 3 Juli-20 Juli 2021 berdampak signifikan terhadap arus lalu lintas di jalan tol.

Dikatakan Pengurus Bidang Operasional Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI), Fitri Wiyanti, selama pembatasan aktivitas tersebut lalu lintas jalan tol merosot 30 persen - 40 persen dibanding rata-rata sebelum PPKM darurat.

"Bahkan ada beberapa ruas yang mengalami penurunan sampai 70 persen karena di lokasi terkait ada penyekatan. Ini data didapat dari 3-8 Juli 2021," katanya, Sabtu (10/7/2021).

Baca juga: PPKM Darurat, Ini 18 Ruas Jalan di Kota Semarang yang Ditutup

Petugas posko penyekatan memberhentikan mobil angkutan umum di perbatasan pintu masuk kawasan Lambaro Aceh Besar, Kamis (08/07/2021). peteugas memeriksa protokol kesehatan terhadap sopir dan penumpang angkutan umum lintas Kaabupaten.KOMPAS.COM/TEUKU UMAR Petugas posko penyekatan memberhentikan mobil angkutan umum di perbatasan pintu masuk kawasan Lambaro Aceh Besar, Kamis (08/07/2021). peteugas memeriksa protokol kesehatan terhadap sopir dan penumpang angkutan umum lintas Kaabupaten.

Selama penerapan PPKM darurat, Fitri menerangkan ada ruas tol yang akses masuknya dilakukan penyekatan maupun screening untuk pemeriksaan oleh petugas.

Ada juga ruas tol yang akses masuknya diperbolehkan, namun di beberapa pintu keluar ada kebijakan penyekatan atau screening secara lokal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dihubungi terpisah, penurunan volume lalu lintas juga dirasakan oleh tol yang dikelola PT Nusantara Infrastructure Tbk (META).

General Manager Corporate Affairs META Deden Rochmawaty menyampaikan, lonjakan kasus covid-19 dan pemberlakuan PPKM darurat berdampak pada penurunan volume lalu lintas di Tol Makassar dan Tol BSD.

Baca juga: 9 Merek Helm Para Pebalap MotoGP, Ada Helm Buatan Indonesia

"Untuk jalan tol META, yakni Tol Makassar dan Tol BSD mengalami penurunan sekitar 12 persen - 20 persen dari kondisi sebelumnya," ujar dia dikutip Kontan.co.id.

Meski demikian, Fitri menjamin badan usaha pengelola jalan tol tetap memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM). Sebagai bentuk kepatuhan, tempat peristirahatan (rest area) pun memperlakukan 50 persen kapasitas dan pelayanan makan minum hanya melayani take away.

"Pelayanan tidak diturunkan, tapi untuk mendukung pencegahan covid, kami melakukan beberapa strategi kebijakan itu," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.