Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lalu Lintas di Jalan Tol Turun 70 Persen Saat PPKM Darurat

Kompas.com - 11/07/2021, 19:11 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat di wilayah Jawa dan Bali, yang digelar 3 Juli-20 Juli 2021 berdampak signifikan terhadap arus lalu lintas di jalan tol.

Dikatakan Pengurus Bidang Operasional Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI), Fitri Wiyanti, selama pembatasan aktivitas tersebut lalu lintas jalan tol merosot 30 persen - 40 persen dibanding rata-rata sebelum PPKM darurat.

"Bahkan ada beberapa ruas yang mengalami penurunan sampai 70 persen karena di lokasi terkait ada penyekatan. Ini data didapat dari 3-8 Juli 2021," katanya, Sabtu (10/7/2021).

Baca juga: PPKM Darurat, Ini 18 Ruas Jalan di Kota Semarang yang Ditutup

Petugas posko penyekatan memberhentikan mobil angkutan umum di perbatasan pintu masuk kawasan Lambaro Aceh Besar, Kamis (08/07/2021). peteugas memeriksa protokol kesehatan terhadap sopir dan penumpang angkutan umum lintas Kaabupaten.KOMPAS.COM/TEUKU UMAR Petugas posko penyekatan memberhentikan mobil angkutan umum di perbatasan pintu masuk kawasan Lambaro Aceh Besar, Kamis (08/07/2021). peteugas memeriksa protokol kesehatan terhadap sopir dan penumpang angkutan umum lintas Kaabupaten.

Selama penerapan PPKM darurat, Fitri menerangkan ada ruas tol yang akses masuknya dilakukan penyekatan maupun screening untuk pemeriksaan oleh petugas.

Ada juga ruas tol yang akses masuknya diperbolehkan, namun di beberapa pintu keluar ada kebijakan penyekatan atau screening secara lokal.

Dihubungi terpisah, penurunan volume lalu lintas juga dirasakan oleh tol yang dikelola PT Nusantara Infrastructure Tbk (META).

General Manager Corporate Affairs META Deden Rochmawaty menyampaikan, lonjakan kasus covid-19 dan pemberlakuan PPKM darurat berdampak pada penurunan volume lalu lintas di Tol Makassar dan Tol BSD.

Baca juga: 9 Merek Helm Para Pebalap MotoGP, Ada Helm Buatan Indonesia

"Untuk jalan tol META, yakni Tol Makassar dan Tol BSD mengalami penurunan sekitar 12 persen - 20 persen dari kondisi sebelumnya," ujar dia dikutip Kontan.co.id.

Meski demikian, Fitri menjamin badan usaha pengelola jalan tol tetap memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM). Sebagai bentuk kepatuhan, tempat peristirahatan (rest area) pun memperlakukan 50 persen kapasitas dan pelayanan makan minum hanya melayani take away.

"Pelayanan tidak diturunkan, tapi untuk mendukung pencegahan covid, kami melakukan beberapa strategi kebijakan itu," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com