Hilang Kendali, Pengendara Motor Sport Kecelakaan di Gang Sempit

Kompas.com - 08/07/2021, 07:02 WIB
Pengendara motor sport kecelakaan di gang sempit instagram.com/agoez_bandz4Pengendara motor sport kecelakaan di gang sempit

JAKARTA, KOMPAS.com - Beredar video di media sosial pengendara motor sport yang mengalami kecelakaan di dalam sebuah gang sempit. Video tersebut viral setelah diunggah oleh akun instagram @agoez_bandz4, Rabu (7/7/2021).

Video tersebut cukup membuat heran warganet, pasalnya, dalam rekaman itu awalnya terlihat pengendara motor sport yang sedang berboncengan memasuki sebuah gang kecil dengan kecepatan tinggi.

Baca juga: PPnBM Diperpanjang, Ini Harga Daihatsu Rocky di Yogyakarta

Selang beberapa detik, pengendara motor tersebut tiba-tiba kehilangan kendali dan menabrak motor yang sedang parkir di depannya. Sontak pengendara itu terlihat panik dan kebingungan. Ia pun langsung menolong wanita yang dibonceng, kemudian mendirikan motornya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Agoez Bandz Official (@agoez_bandz4)

Menanggapi kejadian itu, Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, kondisi tersebut bisa terjadi lantaran pengendara lalai dalam mengoperasikan dan kurang menguasai karakter sepeda motor.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sehingga ketika gas terbuka si pengendara tidak langsung menutup kopling dan menginjak rem belakang, maka yg terjadi motor akan melaju dengan kecepatan tinggi. Biasanya ini juga diakibatkan karena pengendara memang tidak terlalu familiar dalam menggunakan motor sport sehingga mudah hilang kendali dan panik,” ucap Agus saat dihubungi Kompas.com, Rabu (7/7/2021).

Baca juga: Asosiasi Pengemudi Truk Keluhkan Syarat Tes PCR dan Antigen Berbayar

Menurut Agus, sebaiknya pengendara yang ingin mengemudikan motor sport mempelajari karakteristiknya terlebih dahulu, karena setiap tipe sepeda motor memiliki karakteristik yang berbeda saat dikendarai.

“Lalu kuasai instrumen yang ada pada motor tersebut, seperti rem, gas dan kopling, agar saat terjadi sesuatu yang berbahaya dapat dengan cepat diantisipasi,” kata Agus.

Jika melintas di gang kecil sebaiknya jaga keseimbangan motor dengan kecepatan rendah, dan selalu berhati-hati pada setiap potensi bahaya ygang dapat terjadi.

“Yang terakhir paling aman adalah, kaki kita dapat menyentuh aspal atau tanah dengan baik pada saat motor berhenti, jadi sesuaikan tinggi motor dengan postur badan kita,” ucapnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X