4 Penyebab Mika Lampu Mobil Kusam dan Menguning

Kompas.com - 07/07/2021, 17:01 WIB
Mika lampu depan kusam dan menguning Foto: PeugeotMika lampu depan kusam dan menguning
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Meski terkesan sepele mika lampu depan mobil punya peran penting. Mika lampu yang kusam tak hanya jelek dari sisi estetika tapi juga berkurang kegunaannya.

Roni Agung, Workshop Head Body & Paint Astra International Peugeot, mengatakan, mika lampu yang kusam mengakibatkan sinar lampu yang terpancar menjadi kurang maksimal.

"Efeknya, jalanan yang anda lihat akan kurang jelas. Apalagi saat berkendara di malam hari atau hujan, kondisi lampu mobil kusam," katanya dalam keterangan resmi, Rabu (7/7/2021).

Ilustrasi proses pembersihan mika lampu mobilcarsales.com.au Ilustrasi proses pembersihan mika lampu mobil

Roni mengatakan ada beberpa hal yang dapat membuat mika lampu mobil jadi lebih cepat kusam atau menguning.

1. Lampu tak sesuai

Pertama karena mika tidak kuat menahan panas yang muncul dari bohlam lampu. Terutama bila pemilik kendaraan memasang bohlam dengan Watt yang lebih besar dari spesifikasi standar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Temperatur panas berlebihan dari bohlam tersebut yang kemudian menyebabkan mika lampu berubah menjadi kekuningan.

“Sebaiknya gunakan bohlam lampu dengan daya yang sesuai dengan standarnya. Karena gunakan daya dengan watt lebih tinggi, bohlam akan hasilkan panas yang berlebih dan dapat mengakibatkan lampu mobil anda berubah menjadi kuning. Aki pun tidak akan bertahan lama karena bekerja keras,” katanya.

2. Lubang sirkulasi

Reflektor cepat menguning juga dapat dipengaruhi lubang sirkulasi udara mampat dan sil penutup mika rusak, robek atau getas. Membuat air, debu, dan kotoran mudah masuk ke rumah lampu.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X