Kompas.com - 06/07/2021, 16:41 WIB
Valentino Rossi saat sesi tes Qatar jelang MotoGP 2021 Gareth HarfordValentino Rossi saat sesi tes Qatar jelang MotoGP 2021
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dorna kembali mengubah jadwal balap MotoGP 2021. GP Australia yang sedianya digelar di Sirkuit Phillip Island pada 24 Oktober 2021 dibatalkan.

Pembatalan kali ini merupakan tahun kedua Australia absen jadi tuan rumah MotoGP. Hal ini diambil sebab Australia melakukan pembatasan perjalanan internasional akibat pandemi Covid-19.

Sirkuit Phillip Island bergabung dengan Motegi (Jepang) dan KymiRing (Finlandia) yang resmi batal tahun ini. Adapun GP Argentina di Termas de Rio Hondo tetap ditunda tanpa ada tanggal baru.

Baca juga: Apa Beda Helm Supermoto dan Motocross?

Petugas membentangkan bendera hitam atau black flag untuk Marc Marquez (Repsol Honda) pada gelaran MotoGP Australia, 20 Oktober 2013.ROBERT CIANFLONE Petugas membentangkan bendera hitam atau black flag untuk Marc Marquez (Repsol Honda) pada gelaran MotoGP Australia, 20 Oktober 2013.

Dengan pembatalan GP Australia, maka GP Malaysia dimajukan sepekan lebih awal menjadi 24 Oktober 2021 segera setelah GP Thailand belangsung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai ganti hilangnya GP Australia, GP Portugal akan kembali jadi tuan rumah. Sirkuit Autodromo do Algarve, Portimao masuk dalam kalender balap pada awal November 2021 sebelum GP Valencia sebagai balapan penutup.

Artinya Portugal akan menjadi tuan rumah sebanyak dua kali pada musim ini. Setelah seri perdana digelar pada April lalu. Selain MotoGP, Australia juga tidak akan menggelar Formula 1.

Baca juga: PPKM Darurat, Catat Titik Penyekatan di Kota Surabaya

Logo MotoGPANDREAS SOLARO Logo MotoGP

CEO Australian Grand Prix Corporation (AGPC) Andrew Westacott, mengatakan, keputusan ini diambil setelah pembicaraan yang gagal dengan pejabat kesehatan di tingkat pemerintah negara bagian dan federal.

“Kami memahami ini bukan berita yang ingin didengar oleh penggemar MotoGP dan Formula 1,” kata Andrew Westacott mengutip Motorsport.com, Selasa (6/7/2021).

“Saya ingin menyampaikan terima kasih saya kepada Pemerintah Victoria, Formula 1 dan Dorna Sports atas dukungan yang kuat selama periode yang penuh tantangan ini," katanya.



Sumber Motorsport
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X