Apa Beda Helm Supermoto dan Motocross?

Kompas.com - 06/07/2021, 14:21 WIB
Suasana persaingan di kelas balap Honda CRF 150L Supermoto Standar Open pada gelaran Honda Dream Cup 2019, Cimahi, Jawa Barat, Minggu (24/11/2019). KOMPAS.com/Anggara Wikan PrasetyaSuasana persaingan di kelas balap Honda CRF 150L Supermoto Standar Open pada gelaran Honda Dream Cup 2019, Cimahi, Jawa Barat, Minggu (24/11/2019).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm banyak jenis dan ragamnya sesuai kebutuhan. Lantas adakah perbedaan antara helm buat trail atau motocross dengan helm supermoto.

Ahmad M dari komunitas pecinta helm Belajar Helm, mengatakan, pada dasarnya tidak ada perbedaan antara helm buat motocross dan supermoto.

Baca juga: PPnBM 0 Persen Diperpanjang, Harga Avanza di Sulawesi Selatan Turun Rp 8 Jutaan

Sesi Free Practice pada kejuaraan supermoto Trial Game Asphat (TGA) di sirkuit Mijen, Semarang pada Sabtu(4/6/2018).Genta Auto & Sport Sesi Free Practice pada kejuaraan supermoto Trial Game Asphat (TGA) di sirkuit Mijen, Semarang pada Sabtu(4/6/2018).

"Sebetulnya sama saja, tidak ada perbedaan. Kalau kita lihat di kejuaraan Supermoto dunia juga sama saja seperti motor trail," katanya kepada Kompas.com, Selasa (6/7/2021).

Adapun di lapangan tak sedikit yang mengasosiasikan helm supermoto ialah yang memakai visor atau kaca depan. Namun menurut Ahmad, helm itu sebetulnya ialah helm buat adventure.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Perbedaan paling pakai visor, tapi itu helm adventure. Sekarang banyak dipakai orang mungkin karena motornya bergaya adventure kemudian pakai helm adventure," katanya.

Baca juga: Simak Harga Terbaru Skutik Entry Level Honda di Surabaya

Doni Tata Pebalap Supermotoistimewa Doni Tata Pebalap Supermoto

Malah kata Ahmad, tak jarang pebalap yang berlatih supermoto di Sentul International Karting and Motorcycle Circuit atau sering disebut Sentul kecil memakai helm balap biasa.

"Malah kalau buat latihan supermoto setahu saya di Sentul kecil ada juga yang pakai helm balap biasa. Mungkin lebih nyaman karena tidak ada petnya, jadi tidak menahan angin," katanya.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.