Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Beda Helm Supermoto dan Motocross?

Kompas.com - 06/07/2021, 14:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Helm banyak jenis dan ragamnya sesuai kebutuhan. Lantas adakah perbedaan antara helm buat trail atau motocross dengan helm supermoto.

Ahmad M dari komunitas pecinta helm Belajar Helm, mengatakan, pada dasarnya tidak ada perbedaan antara helm buat motocross dan supermoto.

Baca juga: PPnBM 0 Persen Diperpanjang, Harga Avanza di Sulawesi Selatan Turun Rp 8 Jutaan

Sesi Free Practice pada kejuaraan supermoto Trial Game Asphat (TGA) di sirkuit Mijen, Semarang pada Sabtu(4/6/2018).Genta Auto & Sport Sesi Free Practice pada kejuaraan supermoto Trial Game Asphat (TGA) di sirkuit Mijen, Semarang pada Sabtu(4/6/2018).

"Sebetulnya sama saja, tidak ada perbedaan. Kalau kita lihat di kejuaraan Supermoto dunia juga sama saja seperti motor trail," katanya kepada Kompas.com, Selasa (6/7/2021).

Adapun di lapangan tak sedikit yang mengasosiasikan helm supermoto ialah yang memakai visor atau kaca depan. Namun menurut Ahmad, helm itu sebetulnya ialah helm buat adventure.

"Perbedaan paling pakai visor, tapi itu helm adventure. Sekarang banyak dipakai orang mungkin karena motornya bergaya adventure kemudian pakai helm adventure," katanya.

Baca juga: Simak Harga Terbaru Skutik Entry Level Honda di Surabaya

Doni Tata Pebalap Supermotoistimewa Doni Tata Pebalap Supermoto

Malah kata Ahmad, tak jarang pebalap yang berlatih supermoto di Sentul International Karting and Motorcycle Circuit atau sering disebut Sentul kecil memakai helm balap biasa.

"Malah kalau buat latihan supermoto setahu saya di Sentul kecil ada juga yang pakai helm balap biasa. Mungkin lebih nyaman karena tidak ada petnya, jadi tidak menahan angin," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com