Polres Cirebon Tutup Sejumlah Ruas Jalan Selama PPKM Darurat

Kompas.com - 04/07/2021, 15:01 WIB
Petugas Kepolisian memeriksa kelengkapan surat milik pengendara yang melintas di jalur Pantura Kedawung, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (6/5/2021) dinihari. Polres Cirebon Kota mulai memberlakukan larangan mudik dengan melakukan penyekatan kendaraan dengan plat nomor di luar Cirebon yang akan mudik ke arah Jawa Tengah. ANTARA FOTO/DEDHEZ ANGGARAPetugas Kepolisian memeriksa kelengkapan surat milik pengendara yang melintas di jalur Pantura Kedawung, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (6/5/2021) dinihari. Polres Cirebon Kota mulai memberlakukan larangan mudik dengan melakukan penyekatan kendaraan dengan plat nomor di luar Cirebon yang akan mudik ke arah Jawa Tengah.

CIREBON, KOMPAS.com - Selama masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali pada 3-20 Juli 2021, Polres Cirebon menutup sejumlah ruas jalan protokol di Kota Cirebon.

Mengingat secara geografis, letak Kota Cirebon sendiri berada dekat dengan perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat, tepatnya berada di jalur Pantura Pulau Jawa. Hal ini menyebabkan Kota Cirebon menjadi salah satu titik krusial dalam melakukan pembatasan mobilitas di Pulau Jawa.

Penutupan jalan protokol ini bertujuan untuk mengurangi mobilitas masyarakat terutama di titik-titik keramaian. Ruas jalan yang ditutup antara lain adalah Jalan Cipto Mangunkusumo perempatan Gunung Sari.

Baca juga: PPKM Darurat, Berikut Ini Titik Penyekatan di Jalan Tol

Dalam keterangan resminya, Sabtu (3/7/2021), KBO Satlantas Polres Cirebon Kota Iptu Joni menjelaskan, penutupan beberapa ruas jalan protokol ini dilaksanakan mulai pukul 15.00 WIB hingga 21.00 WIB.

Petugas Kepolisian  mengarahkan kendaraan pemudik  untuk putar balik di pos penyekatan Kedawung, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (6/5/2021) dinihari. Polres Cirebon Kota mulai memberlakukan larangan mudik dengan melakukan penyekatan kendaraan dengan plat nomor di luar Cirebon yang akan mudik ke arah Jawa Tengah.ANTARA FOTO/DEDHEZ ANGGARA Petugas Kepolisian mengarahkan kendaraan pemudik untuk putar balik di pos penyekatan Kedawung, Cirebon, Jawa Barat, Kamis (6/5/2021) dinihari. Polres Cirebon Kota mulai memberlakukan larangan mudik dengan melakukan penyekatan kendaraan dengan plat nomor di luar Cirebon yang akan mudik ke arah Jawa Tengah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak hanya di Jalan Cipto Mangunkusumo, Joni juga menambahkan bahwa ada penutupan ruas jalan di kawasan British American Tobacco (BAT).

“Untuk yang di BAT, penutupan dilakukan di Jalan Pasuketan dan perempatan Jalan Ariadono menuju Jalan Merdeka arah ke Lawanggada,” ungkapnya menjelaskan.

Baca juga: KTM Ajukan 2 Wildcard untuk Dani Pedrosa

Untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan, petugas yang siaga di titik-titik penutupan jalan akan mengarahkan pengendara melalui jalur alternatif sehingga mengalir dan tak tersendat di satu titik.

Selain itu, selama PPKM Darurat berlangsung Satlantas Polres Cirebon Kota juga mendirikan tiga pos penyekatan di daerah Kedawung, Nangkir, dan Kalijaga. Ketiga daerah tersebut merupakan titik perbatasan dengan Kabupaten Cirebon dan Indramayu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.