Sopir Truk Jawa Bali Tak Wajib Bawa Sertifikat Vaksin

Kompas.com - 04/07/2021, 12:31 WIB
Petugas kepolisian memeriksa dokumen pengendara yang melintas dari arah Jakarta menuju Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak di pintu Gerbang Tol Merak, Banten, Kamis (6/5/2021) dini hari. Pemeriksaan tersebut terkait larangan mudik lebaran 2021 yang dimulai dari tanggal 6 hingga 17 Mei sebagai upaya mengantisipasi risiko peningkatan kasus penularan COVID-19 jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H. ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTAPetugas kepolisian memeriksa dokumen pengendara yang melintas dari arah Jakarta menuju Pulau Sumatera melalui Pelabuhan Merak di pintu Gerbang Tol Merak, Banten, Kamis (6/5/2021) dini hari. Pemeriksaan tersebut terkait larangan mudik lebaran 2021 yang dimulai dari tanggal 6 hingga 17 Mei sebagai upaya mengantisipasi risiko peningkatan kasus penularan COVID-19 jelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 1442 H.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat telah disahkan Pemerintah RI, dan dilaksanakan sejak Sabtu (3/7/2021) kemarin hingga tanggal 20 Juli mendatang.

Selama 17 hari tersebut, akan ada pengendalian dan pembatasan mobilitas di tiap wilayah di Jawa-Bali. Selain itu ada pula penyekatan mobilitas yang dilaksanakan di tiap-tiap perbatasan daerah.

Kementerian Perhubungan pun telah menerapkan beberapa aturan terkait mobilitas selama PPKM Darurat. Salah satunya adalah aturan untuk para sopir truk yang melintasi Jawa-Bali.

Baca juga: PPKM Darurat, Berikut Ini Titik Penyekatan di Jalan Tol

Kemacetan lalu lintas di Jalan Cakung-Cilincing, Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara pada Selasa (15/6/2021) sore.KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJO Kemacetan lalu lintas di Jalan Cakung-Cilincing, Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara pada Selasa (15/6/2021) sore.

Budi Setiyadi selaku Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan menjelaskan, para sopir truk ini tidak diwajibkan untuk memiliki sertifikat vaksinasi Covid-19. Namun, mereka tetap akan diarahkan untuk proses vaksinasi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pengemudi logistik atau truk dari dan ke pulau Jawa dan pulau Bali untuk sertifikat vaksin tidak diwajibkan. Namun dalam SE pengemudi truk dan awak diarahkan untuk vaksin," kata Budi dalam konferensi pers virtual, Sabtu (3/7/2021).

Ia menjelaskan bahwa terminal dan rest area akan difungsikan juga sebagai titik vaksinasi Covid-19 bagi para sopir truk sebelum melakukan penyeberangan antar pulau seperti di Pelabuhan Merak.

Baca juga: KTM Ajukan 2 Wildcard untuk Dani Pedrosa

Sertifikat vaksin Covid-19 bisa dicetak layaknya kartu ATM.Tokopedia/Snappy Sertifikat vaksin Covid-19 bisa dicetak layaknya kartu ATM.

"Tadi kami sudah koordinasi dengan Satgas dan Kemenkes nanti didirikan beberapa tempat. Saya usulkan ada 38 terminal dan di beberapa rest area sebelum dermaga Merak dan sebelum dermaga Bakauheni. Mudah mudahan cepat direalisasikan, sehingga pengemudi truk yang belum vaksin bisa vaksin," kata Budi lebih lanjut.

Perlu jadi catatan, selain sopir truk, pelaku perjalanan menggunakan transportasi darat umum maupun pribadi wajib untuk menunjukkan kartu vaksin dosis awal sebagai salah satu dokumen wajib selain surat hasil negatif tes PCR atau antigen.

Hal tersebut telah tercantum dalam Surat Edaran (SE) yang diterbitkan Kementerian Perhubungan, yakni SE Nomor 43 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri Dengan Transportasi Darat Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.