Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/07/2021, 18:51 WIB
|


TOKYO, KOMPAS.com - Yamaha mengumumkan kerjasama dengan ShinMaywa Industries Limited, produsen pesawat asal Jepang, untuk mengembangkan pesawat kecil.

Mengutip Greatbiker, Yamaha bertanggung jawab mengembangkan mesin ringkas yang akan digunakan untuk pesawat kecil yang dapat membawa penumpang atau kargo seberat 400 kg.

Baca juga: Ojek dan Taksi Online Boleh Beroperasi Selama PPKM Darurat Jawa-Bali

Sedangkan ShinMaywa Industries akan bertanggung jawab membuat desain pesawat. Termasuk penelitian dan pengembangan, prototipe, serta pengujian pesawat.

Ilustrasi mesin motor YamahaFoto: Greatbiker Ilustrasi mesin motor Yamaha

Nantinya jika sudah jadi, pesawat hasil kerjasama ini akan digunakan untuk transportasi barang, orang, atau digunakan untuk kegiatan eksplorasi serta penyelamatan.

Meski sudah mengumumkan kerjasama belum ada rincian soal tenggat waktu. Disinyalir pesawat baru akan siap produksi paling cepat lima tahun mendatang.

Kerjasama ini disebut merupakan langkah penting lainnya bagi Yamaha meski tidak terikat langsung dengan pengembangan motor. Sebab ditengarai bisa jadi peran penting Yamaha di masa depan.

Baca juga: Alasan Anggota DPR Guspardi Tolak Karantina Pulang dari Kirgistan: Saya Ingin Ikut Rapat Pansus

Livery speed block Yamaha dengan warna putih dan merah untuk memperingati 60 tahun balapan di grand prixDok. Yamaha Motor Livery speed block Yamaha dengan warna putih dan merah untuk memperingati 60 tahun balapan di grand prix

Ini bukan pertama kalinya Yamaha mengembangkan bisnis memproduksi mesin pesawat kecil. Sebelumnya, Yamaha sudah tertarik menjadi bagian produksi suku cadang untuk perakitan mesin pesawat.

Selain itu ini bukan kali pertama Yamaha masuk ke industri penerbangan. Pada 1982 Yamaha pernah memproduksi mesin kecil untuk glider dan kendaraan udara tak berawak yang digunakan dalam pertanian

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.