Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Batasi Mobilitas Warga, Satlantas Polres Klaten Tutup Jalan Protokol

KLATEN, KOMPAS.com - Satlantas Polresta Klaten, Jawa Tengah melakukan penutupan jalan protokol demi menekan mobilitas warga Klaten. Mengingat kota ini masuk ke dalam salah satu wilayah yang dikategorikan sebagai zona merah.

Penutupan ruas jalan protokol dimulai pada Rabu (30/6/2021) mulai pukul 21.00 hingga pukul 05.00 WIB. Setelah pukul 05.00, lalu lintas akan dibuka kembali normal seperti biasa. Aturan tersebut akan diberlakukan setiap malam.

“Dari hasil kesepakatan dengan Forkompinda hari ini, untuk nanti malam akan dilakukan penutupan sepanjang jalan protokol. Mulai pukul 21.00 WIB hingga pukul 05.00 WIB. Nantinya pukul 05.00 WIB akan kita normalkan kembali,” jelas Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu dilansir dari Korlntas Polri, Kamis (1/7/2021).

Ada tiga ruas jalan yang akan dilakukan penutupan, ketiga ruas jalan tersebut yakni yani Jl Veteran sampai Jl Pemuda atau di simpang tiga Masjid Agung Al Aqsha hingga simpang tiga Tugu Adipura.

Kemudian Jl Mayor Kusmanto atau simpang empat Pandanrejo sampai dengan simpang empat MAN 1 Klaten. Dan yang terakhir Jl Kopral Sayom atau simpang tiga Las Kaka-simpang tiga Jetak.

Sementara itu, bagi masyarakat dari arah Solo yang akan menuju Yogyakarta akan dilakukan penglihan jalan pada saat dilakukannya penutupan jalan tersebut. Arus kendaraan akan dialihkan ke jalur lingkar Klaten sehingga tidak melewati jalan protokol Kota Klaten.

“Jadi dari arah Solo dan Jogja saat melintasi Klaten kita arahkan ke jalur lingkar. Pada saat bersamaan pula nantinya kita lakukan pembubaran jika ada yang berkerumun. Termasuk tempat-tempat lainnya (PKL dan angkringan) kita lakukan penutupan,” ucap Edy.

Satlantas Kota Klaten akan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten untuk pelaksanaanya. Selain itu satgas Covid-19 juga dilibatkan dalam penutupan jalan tersebut, saat penutupan jalan dan masih ada yang berkerumun maka akan langsung dibubarkan pada saat itu juga.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten Supriyono mengatakan, penutupan jalan protokol nantinya akan memanfaatkan water barrier untuk menghalau kendaraan yang akan masuk ke dalam kota. Nantinya akan ada juga penjagaan khusus di perbatasan jalan yang ditutup.

“Melalui penutupan itu harapannya bisa mengurangi mobilitas. Akan kita koordinasi dengan Satlantas Polres Klaten. Nantinya pada hari pertama penutupan akan kita siagakan petugas untuk menjaga,” kata Supriyono.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/07/02/071200215/batasi-mobilitas-warga-satlantas-polres-klaten-tutup-jalan-protokol

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke