Kompas.com - 01/07/2021, 19:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang penyimpanan sepeda motor tidak sebesar mobil atau kendaraan lain. Karena itu meski terkesan sepele, membawa barang bawaan di motor tidak boleh sembarangan.

Untuk mengakali ruang yang terbatas tak sedikit pengendara yang menggunakan bagasi tambahan. Sering juga terlihat barang bawaan langsung diikat di bagian-bagian motor seperti jok belakang.

Baca juga: Mematikan Mesin Motor Matik Pakai Standar Bikin Aki Boros

Antonius Widiantoro, selaku Manager Public Relation & YRA PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), mengatakan, jangan sampai membawa barang tambahan jadi lalai akan keselamatan.

boks motorbelipart.com boks motor

“Dalam berkendara, terkadang kita harus membawa barang dalam jumlah dan ukuran tertentu yang melebihi kapasitas bagasi. Namun, hal yang tidak boleh dilupakan oleh pengendara adalah faktor keamanan dan keselamatan berkendara, baik bagi pengendara sendiri maupun bagi orang lain," katanya dalam rilis resmi, Kamis (1/7/2021).

Anton mengatakan pengendara perlu memastikan kondisi motor dalam keadaan baik, dan mengatur barang bawaan dengan di posisi yang tepat agar tidak mengganggu fleksibilitas di jalan.

Baca juga: Banderol Skutik 110-125cc Juli 2021, Suzuki Kerek Harga

Berikut tips membawa barang di motor dari Yamaha Riding Academy (YRA):

1. Pada saat menempatkan barang di atas motor, jika ukuran barang cukup besar, pastikan motor dalam keadaan standar tengah. Hal ini akan membuat motor lebih rata, sehingga lebih mudah untuk mengikat barang ukuran besar.

2. Siapkan tali pengikat yang lentur. Disarankan dari bahan karet, sehingga dapat membuat ikatan lebih kencang maksimal dan barang tidak mudah bergeser karena dapat mengganggu keseimbangan.

3. Disarankan dimensi barang tidak melebihi lebar setang motor dan tinggi pengendara. Jika terlalu lebar akan sulit untuk bermanuver dan membuat keseimbangan pengendara terganggu.

4. Pastikan panjang barang bawaan tidak melebihi atau menutupi lampu belakang. Agar pengendara lain dapat tetap melihat sinyal lampu dari motor.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.