Isle of Man TT, Balapan Motor Paling Bahaya Sudah Ratusan Pebalap Tewas

Kompas.com - 28/06/2021, 16:01 WIB
Dan Kneen tewas dalam kecelakaan Isle of Man TT pada 2018. Foto: MIrror.co.uk/Action PlusDan Kneen tewas dalam kecelakaan Isle of Man TT pada 2018.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari sekian banyak ajang balap yang diselenggarakan, Isle of Man TT disebut merupakan kejuaraan balap sepeda motor paling berbahaya di dunia.

Balapannya tidak dilangsungkan di sirkuit melainkan di jalanan umum yang ditutup khusus buat balap. Tepatnya di jalanan di Pulau Man, yang masih dalam teritori Inggris.

Isle of Man TT merupakan balapan yang mendebarkan dan berbahaya karena dilakukan di trek yang sempit melalui kota, pegunungan, dan pedesaan tanpa pengaman yang biasanya ada di sirkuit modern.

Baca juga: Kenali Tanda-tanda Kaca Film Mobil Minta Jajan

Ajang balap motor tahunan Isle of Man TT (Tourist Trophy)www.bennetts.co.uk Ajang balap motor tahunan Isle of Man TT (Tourist Trophy)

Sehingga ketika pebalap hilang kendali di jalur yang disebut Snaefell Mountain Course, tubuhnya bisa terpental dan menabrak pinggir jalan, pohon atau bahkan rumah warga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejarah Isle of Man TT sangat panjang lebih dari 100 tahun silam. Mengutip situs resminya, Tourist Trophy atau dikenal dengan Isle of Man TT sudah diselenggarakan sejak 1907.

Isle of Man TT telah menjamu beberapa pebalap paling berbakat di dunia dari hampir setiap era, mulai dari Giacomo Agostini, Mike Hailwood dan Joey Dunlop semuanya pernah menjajal balapan ini.

Valentino Rossi saat menghadiri gelaran balap tahunan Isle of Man TT (Tourist Trophy)www.pinterest.com Valentino Rossi saat menghadiri gelaran balap tahunan Isle of Man TT (Tourist Trophy)

Saat ini Isle of Man TT memperlombakan tujuh kelas, yaitu Senior TT, Super Stock TT, Superbike TT, Supersport TT, Lightweight TT, Side Car TT, dan Zero TT yakni balapan untuk motor listrik.

Isle of Man TT merupakan balapan yang menutup jalan raya. Balapan sejenis hampir tidak mungkin digelar di negara lain. Balapan berbahaya ini tetap digelar karena punya sejarah dan budaya yang kuat.

Baca juga: Kenapa Menyalip di Jalan Tol Harus Pakai Lajur Kanan?


Mirror.co.uk menyebut, sampai 2019 tercatat ada 258 pebalap yang meregang nyawa di jalur pegunungan Isle of Man (gabungan Isle of Man TT, Manx Grand Prix dan Classic TT), dengan 150 kematian dari Isle of Man TT.

Menariknya Isle of Man TT pernah masuk dalam kalender MotoGP pada 1949-1976. Tapi akhirnya dihapus dari kalender balap karena ada tekanan dari para pebalap saat itu.

Saking berbahaya, para pebalap MotoGP tidak mau menjajal balapan di Isle of Man TT. Valentino Rossi pernah menjajal trek pada 2009, tapi bukan sebagai peserta hanya ikut dalam parade mengelilingi sirkuit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.