Kompas.com - 25/06/2021, 10:42 WIB
Rantai sepeda motor. ShutterstockRantai sepeda motor.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada motor bebek atau motor sport, rantai menjadi salah satu komponen terpenting. Komponen ini berfungsi untuk meneruskan daya dari mesin ke roda belakang.

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, pengguna sepeda motor sangat perlu memperhatikan kualitas rantai roda sepeda motor kesayangannya agar kondisinya selalu prima.

"Perawatan ataupun pengecekan rantai roda disarankan rutin dilakukan setiap periode 4.000 km,” ujar Endro, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Begini Cara Merawat Rantai Motor agar Awet

Ada tiga langkah mudah yang dapat dilakukan sendiri di rumah untuk merawat rantai sepeda motor. Rantai yang terawat akan memiliki usia pakai yang awet. Berikut ini tiga langkah perawatannya:

1. Kenali Bagian Rantai

Cara bersihkan rantai motorwww.Youtube.com Cara bersihkan rantai motor

Sebelum mengetahui cara perawatan, pelajari dulu bagian-bagian yang terdapat pada rantai roda. Rantai pada sepeda motor terhubung dengan drive sprocket (gear mesin) dan driven sprocket (gear pada roda).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rantai sendiri terdiri dari roller link saling terhubung yang disatukan dengan master link sebagai penyambung dua sisi rantai.

Selain itu perhatikan pemilihan jenis rantai yang digunakan, terdapat perbeda ukuran rantai motor bebek dan sport. Perbedaan terdiri dari ukuran panjang rantai dan juga ukuran lebar dari roller link.

Baca juga: Bersihkan Rantai Motor Saat PSBB Transisi agar Tidak Kaku

“Mengetahui bagian-bagian dari rantai merupakan salah satu langkah awal untuk mengetahui letak pemberian pelumas pada rantai, sekaligus pengecekan kualitas rantai. Pengguna sepeda motor perlu memastikan roller link dapat berputar 180 derajat,” kata Endro.

2. Jarak Main Bebas

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X