Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Langkah Mudah Rawat Rantai Sepeda Motor Agar Awet

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada motor bebek atau motor sport, rantai menjadi salah satu komponen terpenting. Komponen ini berfungsi untuk meneruskan daya dari mesin ke roda belakang.

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, pengguna sepeda motor sangat perlu memperhatikan kualitas rantai roda sepeda motor kesayangannya agar kondisinya selalu prima.

"Perawatan ataupun pengecekan rantai roda disarankan rutin dilakukan setiap periode 4.000 km,” ujar Endro, dalam keterangan resminya.

Ada tiga langkah mudah yang dapat dilakukan sendiri di rumah untuk merawat rantai sepeda motor. Rantai yang terawat akan memiliki usia pakai yang awet. Berikut ini tiga langkah perawatannya:

1. Kenali Bagian Rantai

Rantai sendiri terdiri dari roller link saling terhubung yang disatukan dengan master link sebagai penyambung dua sisi rantai.

Selain itu perhatikan pemilihan jenis rantai yang digunakan, terdapat perbeda ukuran rantai motor bebek dan sport. Perbedaan terdiri dari ukuran panjang rantai dan juga ukuran lebar dari roller link.

“Mengetahui bagian-bagian dari rantai merupakan salah satu langkah awal untuk mengetahui letak pemberian pelumas pada rantai, sekaligus pengecekan kualitas rantai. Pengguna sepeda motor perlu memastikan roller link dapat berputar 180 derajat,” kata Endro.

2. Jarak Main Bebas

Dalam mengukur kekencangan rantai roda, para pengguna sepeda motor harus memastian sepeda motor berada pada posisi standar tengah dan posisi gigi netral. Setelah itu, putar roda untuk menemukan kekenduran rantai yang paling kecil.

Terakhir, gunakan penggaris mengukur tingkat kekenduran pada bagian kekenduran yang paling kecil atau di tengah-tengah antar dua sprocket.

“Jika kekenduran melebihi batas jarak main bebas yang terdapat pada stiker, sebaiknya dilakukan setel kekencangan atau dapat dibawa ke bengkel resmi terdekat,” ujar Endro.

3. Gunakan Pelumas

Setelah rantai selesai dibersihkan, beri pelumas dengan menggunakan pelumas khusus rantai roda. Berikan oli atau pelumas pada roller rink dan link plate.

“Selain menggunakan pelumas rantai, pengguna sepeda motor dapat menggunakan gear Oil SAE 80 – 90 baru, sehingga kualitas rantai dapat terjaga dengan baik," kata Endro.

Endro menambahkan, pada prisipnya rantai sepeda motor yang bekerja dengan bergesekan dengan bagian lainnya akan mengalami keausan, sehingga butuh perawatan yang rutin.

"Merawat rantai sepeda motor merupakan salah satu hal penting sebagai langkah memperpanjang umur rantai dan menghindar kemungkinan lepas dari gear set," tutup Endro.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/25/104200715/3-langkah-mudah-rawat-rantai-sepeda-motor-agar-awet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke