Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersihkan Rantai Motor Saat PSBB Transisi agar Tidak Kaku

Kompas.com - 13/10/2020, 11:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi kembali diperpanjang di DKI Jakarta. Walaupun memang sedikit lebih longgar dibanding PSBB ketat, sebaiknya tetap tidak bepergian ke luar rumah.

Untuk menghabiskan waktu di rumah, ada aktivitas yang bisa dilakukan, yaitu dengan merawat sepeda motor. Salah satu komponen di motor yang bisa dirawat sendiri di rumah yaitu rantai.

Rantai memiliki peran yang penting pada motor bebek atau underbone dan sport. Peran rantai sebagai perantara tenaga dari mesin ke roda yang membuat motor berjalan. Jika tidak dirawat, rantai motor bisa kaku.

Baca juga: Jadi Mirip Xpander, Begini Tampilan Mitsubishi Eclipse Cross Terbaru

Rantai motor berkaratrpmsuper.com Rantai motor berkarat

Kepala Bengkel Yamaha Mekar Motor Cibinong Mamal Syahrudin mengatakan, rantai motor yang kering dan terlalu lama didiamkan malah jadi kaku.

“Kalau kondisi rantainya kering, bisa jadi kaku. Kering itu dikarenakan debu, sering kena air, jadi bisa berkarat juga rantainya,” ucap Mamal kepada Kompas.com, belum lama ini.

Salah satu cara agar rantai tidak kering yaitu dengan melumasinya memakai chain lube. Namun, mengaplikasikan chain lube juga tidak bisa sembarangan, sebaiknya rantai dibersihkan terlebih dahulu.

Baca juga: Benelli Pastikan Keeway V250 Fi Meluncur Oktober 2020

“Baiknya bisa dibersihkan dulu rantainya, menggunakan bensin. Setelah bersih dan kering, baru dipakai chain lube-nya sambil roda belakangnya diputar,” kata Mamal.

Untuk membersihkan rantai, bensin tidak perlu dicampur dengan bahan lain. Misalnya jika ditambah dengan sabun cuci piring, takutnya akan membuat seal di rantai menjadi melar dan berisik saat motor digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com