Bersihkan Rantai Motor Saat PSBB Transisi agar Tidak Kaku

Kompas.com - 13/10/2020, 11:42 WIB
BMW Motorrad perkenalkan teknologi rantai motor bebas perawatan Rideapart.comBMW Motorrad perkenalkan teknologi rantai motor bebas perawatan

JAKARTA, KOMPAS.com – Pembatasan sosial berskala besar ( PSBB) transisi kembali diperpanjang di DKI Jakarta. Walaupun memang sedikit lebih longgar dibanding PSBB ketat, sebaiknya tetap tidak bepergian ke luar rumah.

Untuk menghabiskan waktu di rumah, ada aktivitas yang bisa dilakukan, yaitu dengan merawat sepeda motor. Salah satu komponen di motor yang bisa dirawat sendiri di rumah yaitu rantai.

Rantai memiliki peran yang penting pada motor bebek atau underbone dan sport. Peran rantai sebagai perantara tenaga dari mesin ke roda yang membuat motor berjalan. Jika tidak dirawat, rantai motor bisa kaku.

Baca juga: Jadi Mirip Xpander, Begini Tampilan Mitsubishi Eclipse Cross Terbaru

Rantai motor berkaratrpmsuper.com Rantai motor berkarat

Kepala Bengkel Yamaha Mekar Motor Cibinong Mamal Syahrudin mengatakan, rantai motor yang kering dan terlalu lama didiamkan malah jadi kaku.

“Kalau kondisi rantainya kering, bisa jadi kaku. Kering itu dikarenakan debu, sering kena air, jadi bisa berkarat juga rantainya,” ucap Mamal kepada Kompas.com, belum lama ini.

Salah satu cara agar rantai tidak kering yaitu dengan melumasinya memakai chain lube. Namun, mengaplikasikan chain lube juga tidak bisa sembarangan, sebaiknya rantai dibersihkan terlebih dahulu.

Baca juga: Benelli Pastikan Keeway V250 Fi Meluncur Oktober 2020

“Baiknya bisa dibersihkan dulu rantainya, menggunakan bensin. Setelah bersih dan kering, baru dipakai chain lube-nya sambil roda belakangnya diputar,” kata Mamal.

Untuk membersihkan rantai, bensin tidak perlu dicampur dengan bahan lain. Misalnya jika ditambah dengan sabun cuci piring, takutnya akan membuat seal di rantai menjadi melar dan berisik saat motor digunakan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X