Tarif Parkir Progresif Uji Emisi Belum Berlaku untuk Sepeda Motor

Kompas.com - 23/06/2021, 12:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Unit pengelola Parkir Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, akan menambah tiga lokasi penerapan tarif progresif kendaraan yang belum lulus uji emisi.

Ketiga lokasi tersebut berada di lapangan parkir Ikatan Restoran dan Taman Mini Indonesia (IRTI), lapangan parkir Samsat dan Blok M Square.

Meski demikian, Kepala Pengelola Parkir Dishub DKI Jakarta Adji Kusambarto mengatakan, pemberian sanksi tarif parkir tertinggi masih untuk mobil terlebih dahulu.

“Saat ini masih untuk mobil yang belum lulus uji emisi, belum diberlakukan untuk sepeda motor. Namun, kita sambil sosialisasikan juga,” kata Adji saat dihubungi Kompas.com, Rabu (23/6/2021).

Baca juga: Jangan Cuma Cari Untung, PO Bus Wajib Menjaga Pengemudi Fit

Adji mengatakan, penerapan sanksi tarif progresif bagi kendaraan yang belum lulus uji emisi, sejauh ini memang baru berjalan untuk mobil yang usianya sudah di atas tiga tahun, baik yang belum melakukan atau tak lulus uji emisi.

Uji emisi sepeda motor di bengkel resmi Astra Motor Center JakartaRendra Kusumah Uji emisi sepeda motor di bengkel resmi Astra Motor Center Jakarta

Menurut Adji, meski data yang diterima atau masuk di perparkiran sudah terbaca semua, namun yang baru diimplementasi adalah dinas lingkungan hidup terkait dengan pelaksaan uji emisi karena menindaklanjuti terakit dengan Pergub 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Kendaraan Bermotor Umum.

“Kita sebetulnya hanya meng-update data dari dinas lingkungan hidup terkait dengan pelaksaan uji emisi, di lokasi parkir hanya membaca saja. Karena semua data sudah terintegrasi dengan Dinas Lingkungan Hidup terkait uji emisi, Bapenda terkait dengan pajak, dan lainnya,” kata Adji.

Baca juga: Kencan Singkat dengan Keeway V250 Fi

Adji melanjutkan, saat ini untuk mobil, tarif parkir tertingginya Rp 7.500, nanti tinggal dikalikan berapa jam mobil itu parkir.

“Begitupun untuk sepeda motor, nanti juga sama seperti itu,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.