Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi Seberapa Irit BBM Skutik Retro Honda, Scoopy Vs Genio

Kompas.com - 23/06/2021, 10:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda memiliki dua skuter matik (skutik) yang tak hanya secara desain saja mirip. Bahkan, mesin yang digunakan pun sama, yakni Honda Scoopy dan Honda Genio.

Kedua skutik ini sama-sama dibekali dengan mesin berkapasitas 109 cc. Diameter piston dan langkahnya juga sama, yakni 47 mm dan 63,1 mm.

Baca juga: Komparasi Skutik Retro Honda, Scoopy vs Genio

Tenaga yang dihasilkan mesin tersebut mencapai 8,8 tk pada putaran mesin 7.500 rpm. Sedangkan torsinya, 9,3 Nm pada putaran mesin 5.500 rpm.

All New Honda ScoopyKOMPAS.com/Gilang All New Honda Scoopy

Meski mesin yang diusung sama, tapi bukan berarti konsumsi BBM-nya juga sama. Sebab, bobot kedua skutik ini berbeda. Scoopy beratnya 95 kg dan Genio 90 kg.

Menurut pengetesan yang dilakukan Honda dengan metode ECE-R40, konsumsi bahan bakar Scoopy tercatat 59 km/liter. Sedangkan Genio, konsumsi bahan bakarnya 59,1 km/liter.

Baca juga: Beda Pasar Scoopy dan Genio, Ini Kata Honda

Berdasarkan pengetesan yang dilakukan Kompas.com, dengan metode full to full, rata-rata konsumsi bahan bakar Genio tercatat mencapai 54,33 km/liter. Sementara untuk Scoopy, konsumsi bahan bakarnya tembus 58,38 km/liter.

All New Honda ScoopyFoto: KOMPAS.coKOMPAS.com/Gilang/Gilang All New Honda Scoopy

Dalam pengetesan tersebut, Kompas.com menggunakan teknik berkendara yang normal. Tidak mengendarainya dengan teknik eco riding.

Meski demikian, hasil pengetesan bisa saja berbeda pada setiap orang, tergantung dari kondisi lalu lintas, tekanan udara pada ban, cara berkendara, dan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com