Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenangan Marquez Bukan Berarti Honda Sudah Bebas Masalah

Kompas.com - 23/06/2021, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez akhirnya kembali ke barisan depan. Bahkan, pebalap yang sempat absen hampir satu musim ini langsung meraih kemenangan.

Marquez sukses mempertahankan rekor kemenangannya di Sachsenring pada MotoGP Jerman 2021. Setelah beberapa seri tidak tampil kompetitif, Marquez bisa mendominasi di trek tersebut.

Baca juga: Ada Peran Mick Doohan Dalam Kembalinya Prestasi Marc Marquez

Sebelumnya, Marquez hanya bisa finis ketujuh di Portimao dan kesembilan di Jerez. Setelah itu, tiga seri berikutnya terjatuh dan gagal finis.

Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Jerman 2021. (Photo by Ronny HARTMANN / AFP)RONNY HARTMANN Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Jerman 2021. (Photo by Ronny HARTMANN / AFP)

Marquez juga sempat mengatakan bahwa Honda RC213V memiliki masalah. Kondisi tersebut yang membuatnya tertahan dan tak bisa tampil kompetitif.

Manajer Honda Racing Corporation (HRC) Alberto Puig, mengatakan, kemenangan tersebut merupakan hari yang penting bagi Marc dan Honda.

Baca juga: Mental yang Bikin Marc Marquez Juara di GP Jerman

"Marc sudah melewati banyak hal, dia sekarang mendapat ganjarannya dengan kemenangan. Beberapa bulan ini juga sangat menyakitkan untuk pabrikan seperti Honda yang biasanya sukses," ujar Puig, dikutip dari Speedweek.com, Selasa (22/6/2021).

Marc Marquez menjadi pemenang MotoGP Jerman 2021 yang digelar di Sachsenring, Minggu (20/6/2021) malam WIB.AFP/RONNY HARTMANN Marc Marquez menjadi pemenang MotoGP Jerman 2021 yang digelar di Sachsenring, Minggu (20/6/2021) malam WIB.

Namun, bukan berarti Honda sudah menyelesaikan masalah pada motornya. Buktinya, rekan setim Marquez, Pol Espargaro, finis dengan jarak 15 detik di posisi kesepuluh.

Begitu pula dengan pebalap tim satelit LCR Honda, Takaaki Nakagami, tertinggal 20 detik di posisi ke-13. Sementara adik Marc Marquez, yakni Alex Marquez, terjatuh dan tak bisa lanjutkan balapan.

Pebalap Repsol Honda Marc Marquez (kanan) berada di depan pebalap Italia Yamaha-SRT Valentino Rossi (kiri) dalam sesi latihan bebas ketiga menjelang MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring pada 19 Juni 2021.AFP/RONNY HARTMANN Pebalap Repsol Honda Marc Marquez (kanan) berada di depan pebalap Italia Yamaha-SRT Valentino Rossi (kiri) dalam sesi latihan bebas ketiga menjelang MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring pada 19 Juni 2021.

"Ya, kami punya masalah dan kelemahan. Hasil di Sachsenring memang sangat penting, tapi itu tidak berarti kami sudah menyelesaikan masalah kami. Suatu kesalahan jika mempercayai itu, sekarang kami harus meningkat sedikit demi sedikit," kata Puig.

Puig menambahkan, Marc sampai saat ini masih belum dalam kondisi yang 100 persen sehat. Honda akan mencoba untuk memberikan motor sebaik mungkin, tapi tentunya akan selalu ada jatuh bangun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com