Ini Bebek Trekking Punya Yamaha, MG1T Omaha Trailmaster

Kompas.com - 20/06/2021, 07:21 WIB
Yamaha MG1T Omaha Trailmaster Foto: bringatrailer.comYamaha MG1T Omaha Trailmaster
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Segmen motor bebek adventure kembali ramai setelah Honda melansir CT125. Motor yang disebut bebek buat trekking itu tampil menarik ala motor semi garuk tanah.

Honda CT125 merupakan penerus motor Pak Pos Australia CT110, yang pada dasarnya juga reinkarnasi dari Honda C100T yang pertama hadir pada medio 60-an.

Yamaha MG1T Omaha TrailmasterFoto: bringatrailer.com Yamaha MG1T Omaha Trailmaster

Dilansir dari Bringatrailer, jika Honda punya CT-Series sebagai motor bebek bergaya adventure maka sang rival sesama jepang yaitu Yamaha punya Yamaha MG1T.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Jerman 2021, Zarco Pole Position

Seperti Yamaha MG1T Omaha Trailmaster buatan tahun 1965 dalam artikel ini. Tampilannya mirip-mirip dengan Honda C100T karena hadir pada satu zaman yang sama.

Dapat dilihat warnanya khas motor zaman dulu yaitu red-orange. Bentuknya seperti motor bebak pada umumnya, tapi dibekali detail agar mampu melibas medan kasar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email


Yamaha MG1T Omaha TrailmasterFoto: Bringatrailer.com Yamaha MG1T Omaha Trailmaster

Tampilannya cukup sederhana. Batok lampu depan dengan lis krom menyambung dengan speedometer. Suspensi depan khas bebek jadul, kaki-kakinya pakai pelek jari-jari dan rem teromol.

Citra motor garuk tanah tercermin dari pemakaian ban tapak kasar dan sepatbor depan model gantung ala motor trail. Serta undercowl pelindung mesin bagian bawah.

Baca juga: Komunitas Motor Ajak Pengunjung Jaga Kebersihan di Destinasi Wisata

Beralih ke belakang joknya model terpisah dan tersedia rak tambahan. Suspensi belakangnya model ganda. Pengereman pakai teromol. Sama seperti di depan ban belakang pakai tapak kasar.


Yamaha MG1T Omaha TrailmasterFoto: Bringatrailer.com Yamaha MG1T Omaha Trailmaster

Menariknya ialah bentuk knalpotnya masih lurus di bawah seperti motor bebek biasa. Berbeda dengan Honda C100T di zamannya yang memakai knalpot upswept ala scrambler.

Mesin mengusung jantung 80cc 2-tak. Speedometernya tertulis sampai 80 mpj atau setara 120 kpj meski kemungkinan besar tak bakal menyentuh itu. Tenaga disalurkan pakai transmisi 4-percepatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.