Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Sekadar Estetika, Lubang pada Rem Cakram Punya Fungsi Penting

Kompas.com - 19/06/2021, 12:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor zaman sekarang pada umumnya sudah dibekali dengan rem cakram pada bagian depan, baik itu motor bebek, motor matik, atau motor sport.

Bentuk cakramnya sendiri ada dua macam, ada yang bulat sempurna dan ada yang bergelombang. Tapi, keduanya sama-sama memiliki lubang-lubang pada bagian permukaannya.

Baca juga: Pelajari Penyebab Munculnya Karat pada Rem Cakram

Sebagian orang tidak memahami apa fungsi lubang tersebut. Paling umum dimanfaatkan untuk mengunci gembok. Sehingga, motor akan lebih aman dari kemalingan.

BMW R NineT didukung anti-lock braking system (ABS) dan rem cakram ganda yang dijepit rem Brembo dengan kaliper 4-piston.Febri Ardani/KompasOtomotif BMW R NineT didukung anti-lock braking system (ABS) dan rem cakram ganda yang dijepit rem Brembo dengan kaliper 4-piston.

Sebenarnya, fungsi lubang-lubang pada piringan cakram tersebut tidak sesederhana itu. Fungsinya berhubungan dengan performa pengereman.

GM Aftersales Service and Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) M. Abidin, mengatakan, desain cakram seperti itu memiliki dua fungsi utama.

Baca juga: Kenali Plus Minus Rem Cakram dan Rem Tromol

“Pertama, untuk mempermudah proses pelepasan panas. Pelepasan panas yang dimaksud yaitu gesekan yang terjadi saat pengereman, antara piringan dan kampas rem,” ujar Abidin, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Abidin menambahkan, lubang-lubang pada piringan cakram dibuat untuk pengurangan bobot kendaraan. Selain itu, banyaknya lubang juga ditentukan oleh kebutuhan daya rem.

Rem CakramStanly/Otomania Rem Cakram

"Ini biasanya disesuaikan dengan besarnya power motor yang digunakan. Sehingga, pengendalian total sepeda motor akan seimbang, antara power mesin dan power pengeremannya," kata Abidin.

Jadi, cakram pada motor berkapasitas 150 cc tentu akan berbeda dengan motor gede (moge) yang memiliki kapasitas mesin di atas 400 cc.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com