Kenapa Daihatsu Rocky 1.2 L Tak Pakai Mesin Sigra?

Kompas.com - 18/06/2021, 14:11 WIB
Daihatsu Rocky 1.2L Dok. ADMDaihatsu Rocky 1.2L
|

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akhirnya merilis Rocky bermesin 1.200 cc di Indonesia. Peluncuran ini diklaim sebagai global premier, lantaran mesin tersebut khusus disiapkan untuk pasar Indonesia.

Berbeda dengan mesin 1.200 cc 4-silinder yang disematkan pada Sigra atau Ayla, Rocky mengusung mesin baru 1.200 cc 3-silinder.

Anjar Rosjadi, Marketing Product Planning Division Head ADM, mengatakan, ada beberapa alasan mengapa Daihatsu menyematkan mesin 3-silinder baru buat Rocky.

Baca juga: Toyota Terkejut PPnBM 0 Persen Diperpanjang

Daihatsu Sigra facelift 2019KOMPAS.com/Ruly Daihatsu Sigra facelift 2019

Pertama soal efisiensi bahan bakar yang lebih irit. Anjar mengatakan, Rocky 1.2L menggunakan mesin baru bertipe 1.2L WA-VE 3 silinder yang bertenaga dan tetap irit bahan bakar.

Mesin ini benar-benar baru yang berbeda dengan mesin 1.2L 4 silinder yang digunakan mobil Astra Daihatsu Sigra.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ini benar-benar mesin baru dengan bobot lebih ringan dengan perbaikan dan pengembangan sehingga mesin 1.2L 3-silinder yang dipakai Daihatsu Rocky ini jauh lebih baik performanya dibandingkan mesin 1.2L 4 silinder pada Daihatsu Sigra," ucap Anjar, dalam konferensi virtual (7/6/2021).

Baca juga: Simak Simulasi Kredit Yamaha Xmax di Solo Jawa Tengah per Juni 2021

Ilustrasi produksi mobil di pabrik Daihatsu.KOMPAS.com / FEBRI ARDANI Ilustrasi produksi mobil di pabrik Daihatsu.

Misalnya dari sisi performa, tenaga mesin 1.200 cc 3-silinder kepunyaan Rocky mencapai 113 tk, sementara mesin 1.200 cc 4-silinder milik Sigra sekitar 108 tk.

Lantas, berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh tim R&D ADM juga terbukti bahwa mesin baru ini lebih efisien, responsif, dan bertenaga.

"Jadi dengan teknologi baru, mesin 3 silinder bisa jauh lebih baik dibandingkan 4 silinder. Performa lebih baik tapi konsumsi BBM lebih irit," kata Anjar.

Baca juga: Ini Alasan Toyota Percepat Peluncuran Raize 1.2 L

Daihatsu Rocky varian 1.2 MDok. ADM Daihatsu Rocky varian 1.2 M

Menurutnya, Rocky 1.2L ini sudah diuji coba di beberapa kondisi jalan menanjak dengan sudut kemiringan hingga 18 derajat, seperti di Lembang-Bandung, kemudian Kamojang-Garut, dan Cangar-Malang.

Adapun, untuk konsumsi bahan bakar berdasarkan hasil pengetesan ADM, Rocky 1.2L mampu menghasilkan konsumsi BBM 18-19 km per liter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.