Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Daihatsu Rocky 1.2 L Tak Pakai Mesin Sigra?

Kompas.com - 18/06/2021, 14:11 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) akhirnya merilis Rocky bermesin 1.200 cc di Indonesia. Peluncuran ini diklaim sebagai global premier, lantaran mesin tersebut khusus disiapkan untuk pasar Indonesia.

Berbeda dengan mesin 1.200 cc 4-silinder yang disematkan pada Sigra atau Ayla, Rocky mengusung mesin baru 1.200 cc 3-silinder.

Anjar Rosjadi, Marketing Product Planning Division Head ADM, mengatakan, ada beberapa alasan mengapa Daihatsu menyematkan mesin 3-silinder baru buat Rocky.

Baca juga: Toyota Terkejut PPnBM 0 Persen Diperpanjang

Daihatsu Sigra facelift 2019KOMPAS.com/Ruly Daihatsu Sigra facelift 2019

Pertama soal efisiensi bahan bakar yang lebih irit. Anjar mengatakan, Rocky 1.2L menggunakan mesin baru bertipe 1.2L WA-VE 3 silinder yang bertenaga dan tetap irit bahan bakar.

Mesin ini benar-benar baru yang berbeda dengan mesin 1.2L 4 silinder yang digunakan mobil Astra Daihatsu Sigra.

"Ini benar-benar mesin baru dengan bobot lebih ringan dengan perbaikan dan pengembangan sehingga mesin 1.2L 3-silinder yang dipakai Daihatsu Rocky ini jauh lebih baik performanya dibandingkan mesin 1.2L 4 silinder pada Daihatsu Sigra," ucap Anjar, dalam konferensi virtual (7/6/2021).

Baca juga: Simak Simulasi Kredit Yamaha Xmax di Solo Jawa Tengah per Juni 2021

Ilustrasi produksi mobil di pabrik Daihatsu.KOMPAS.com / FEBRI ARDANI Ilustrasi produksi mobil di pabrik Daihatsu.

Misalnya dari sisi performa, tenaga mesin 1.200 cc 3-silinder kepunyaan Rocky mencapai 113 tk, sementara mesin 1.200 cc 4-silinder milik Sigra sekitar 108 tk.

Lantas, berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh tim R&D ADM juga terbukti bahwa mesin baru ini lebih efisien, responsif, dan bertenaga.

"Jadi dengan teknologi baru, mesin 3 silinder bisa jauh lebih baik dibandingkan 4 silinder. Performa lebih baik tapi konsumsi BBM lebih irit," kata Anjar.

Baca juga: Ini Alasan Toyota Percepat Peluncuran Raize 1.2 L

Daihatsu Rocky varian 1.2 MDok. ADM Daihatsu Rocky varian 1.2 M

Menurutnya, Rocky 1.2L ini sudah diuji coba di beberapa kondisi jalan menanjak dengan sudut kemiringan hingga 18 derajat, seperti di Lembang-Bandung, kemudian Kamojang-Garut, dan Cangar-Malang.

Adapun, untuk konsumsi bahan bakar berdasarkan hasil pengetesan ADM, Rocky 1.2L mampu menghasilkan konsumsi BBM 18-19 km per liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com