Sejak Kapan Transmisi Matik Jadi Pilihan Banyak Konsumen di Dunia?

Kompas.com - 19/06/2021, 12:02 WIB
Tuas transmisi otomatis pada Mazda CX-3 KOMPAS.com/DIO DANANJAYATuas transmisi otomatis pada Mazda CX-3
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Saat ini mobil bertransmisi otomatis bisa dibilang lebih banyak dipilih ketimbang transmisi manual. Kepraktisan jadi daya tarik utama buat konsumen di wilayah perkotaan yang sering dilanda kemacetan.

Pakai mobil matik, pengemudi tidak perlu lagi menekan pedal kopling ketika berpindah gigi atau sedang merayap di tengah padatnya lalu lintas.

Namun, sejak kapan mobil matik banyak dipilih konsumen? Dilansir dari The Telegraph (19/6/2021), Society of Motor Manufacturers and Traders (SMMT) melakukan survei soal pilihan transmisi mobil pada konsumen di Inggris.

Baca juga: Kenapa Truk dan Bus Bertahan Pakai Transmisi Manual?

Jalanan kota Melbourne, Australia, yang dipenuhi mobil-mobil impor asal luar negeri.racv.com.au Jalanan kota Melbourne, Australia, yang dipenuhi mobil-mobil impor asal luar negeri.

Hasilnya, lebih dari 70 persen konsumen memilih menggunakan mobil matik sejak 2007. Sementara pada 2018, tercatat ada 8,4 juta mobil otomatis beredar di jalanan Inggris.

Alasannya sederhana, konsumen menikmati mudahnya pengoperasian transmisi matik. Sementara girboks manual memang masih dipilih beberapa konsumen, tapi popularitasnya menurun seiring ketersediaan transmisi matik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mike Fiske, analis senior dari IHS Markit, mengatakan, mobil manual tidak lagi jadi pilihan konsumen saat ini.

Baca juga: Sinyal Kuat N7X Jadi Suksesor Honda BR-V, Harga Mulai Bocor

Mitsubishi Xpander Black Edition hadir dalam dua varian transmisi yakni manual dan AT. Mitsubishi menawarkan dua pilihan warna yakni quartz white pearl dan jet black mica. Xpander Black Edition dibanderol Rp 257,1 juta untuk transmisi manual dan Rp 267,5 juta untuk varian AT
APHIT McKlein Mitsubishi Xpander Black Edition hadir dalam dua varian transmisi yakni manual dan AT. Mitsubishi menawarkan dua pilihan warna yakni quartz white pearl dan jet black mica. Xpander Black Edition dibanderol Rp 257,1 juta untuk transmisi manual dan Rp 267,5 juta untuk varian AT

Menurut catatan IHS, pada 2012 pasar mobil manual masih mendapatkan 6,8 persen market share untuk penjualan mobil di Amerika Serikat. Tapi angka tersebut terus merosot menjadi sekitar 3,5 persen pada 2018.

IHS juga memprediksi komposisi mobil manual yang dijual pada 2023 akan semakin sedikit, menjadi sekitar 2,6 persen saja.

“Kami melihatnya semakin rendah,” ujar Fiske, seperti dikutip dari laman USA Today (19/6/2021).

Baca juga: Sekarang Bikin SIM A Harus Punya Sertifikat dari Sekolah Mengemudi

Toyota 86 dan Subaru BRZ.Car Advice Toyota 86 dan Subaru BRZ.

Sejumlah merek otomotif bahkan mulai menghentikan penjualan mobil manualnya, semisal beberapa merek di bawah Volkswagen Group.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.