Mengenal Fitur Vehicle Stability Control pada Mobil

Kompas.com - 12/06/2021, 11:02 WIB
Vehicle Stability Control (VSC). cloudfront.netVehicle Stability Control (VSC).

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mencegah terjadinya kecelakaan bukan hanya bisa dilakukan dengan menjaga perilaku berkendara, tapi bisa juga didukung oleh fitur keselamatan pada mobil.

Karena tidak menutup kemungkinan ada kelalaian dari pengemudi, atau kondisi lingkungan yang tidak bersahabat.

Salah satu fitur yang penting adalah Vehicle Stability Control (kontrol stabilitas). Namun, apakah sudah mengetahui fungsi sebenarnya?

Baca juga: Mario SA Percaya Diri Tampil Gemilang di CEV Barcelona

Seperti dijelaskan Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, VCS sendiri sebenarnya berfungsi untuk menjaga kendaraan agar tetap stabil dan mengikuti jalurnya, ketika menikung atau berpindah jalur.

“Sistem akan secara otomatis membantu pengurangan tenaga, ketika terjadinya gejala kehilangan traksi pada salah satu roda. Sehingga pengemudi masih tetap bisa mengontrol kendaraan secara aman,” ucap Bambang saat dihubungi Kompas.com, Jumat (11/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gambaran mengenai kondisi mobil jika mengalami understeer dan oversteer.wikipedia Gambaran mengenai kondisi mobil jika mengalami understeer dan oversteer.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menambahkan, fitur keselamatan ini juga bisa mencegah mobil mengalami understeer atau oversteer ketika menikung. Umumnya, traksi ban tidak semua sama ketika menikung, lebih lagi ketika jalan yang dilalui licin atau berpasir.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas Rp 50 Jutaan di Medan per Juni 2021

Bahkan di beberapa model mobil, sistem ini bukan hanya bisa mencegah roda mobil spin atau slip. Tapi secara otomatis juga ikut mengurangi gas.

“Jadi ketika pengemudi menginjak gas saat menikung, gas tidak akan bertambah malah akan berkurang sesuai kebutuhan yang terbaca oleh sistem,” kata dia.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X