Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Fitur Vehicle Stability Control pada Mobil

Kompas.com - 12/06/2021, 11:02 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mencegah terjadinya kecelakaan bukan hanya bisa dilakukan dengan menjaga perilaku berkendara, tapi bisa juga didukung oleh fitur keselamatan pada mobil.

Karena tidak menutup kemungkinan ada kelalaian dari pengemudi, atau kondisi lingkungan yang tidak bersahabat.

Salah satu fitur yang penting adalah Vehicle Stability Control (kontrol stabilitas). Namun, apakah sudah mengetahui fungsi sebenarnya?

Baca juga: Mario SA Percaya Diri Tampil Gemilang di CEV Barcelona

Seperti dijelaskan Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Bambang Supriyadi, VCS sendiri sebenarnya berfungsi untuk menjaga kendaraan agar tetap stabil dan mengikuti jalurnya, ketika menikung atau berpindah jalur.

“Sistem akan secara otomatis membantu pengurangan tenaga, ketika terjadinya gejala kehilangan traksi pada salah satu roda. Sehingga pengemudi masih tetap bisa mengontrol kendaraan secara aman,” ucap Bambang saat dihubungi Kompas.com, Jumat (11/6/2021).

Gambaran mengenai kondisi mobil jika mengalami understeer dan oversteer.wikipedia Gambaran mengenai kondisi mobil jika mengalami understeer dan oversteer.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menambahkan, fitur keselamatan ini juga bisa mencegah mobil mengalami understeer atau oversteer ketika menikung. Umumnya, traksi ban tidak semua sama ketika menikung, lebih lagi ketika jalan yang dilalui licin atau berpasir.

Baca juga: Pilihan Mobil Bekas Rp 50 Jutaan di Medan per Juni 2021

Bahkan di beberapa model mobil, sistem ini bukan hanya bisa mencegah roda mobil spin atau slip. Tapi secara otomatis juga ikut mengurangi gas.

“Jadi ketika pengemudi menginjak gas saat menikung, gas tidak akan bertambah malah akan berkurang sesuai kebutuhan yang terbaca oleh sistem,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com